oleh

Tengkulak TKW di Kupang Tertangkap, Ini Ceritanya

Ratusan TKW dideportasi dari Malaysia beberapa waktu lalu ( foto : Ist)

KUPANG | Jika ada pertanyaan TKW ilegal terbanyak dieksploitasi ke Malaysia dimana? Salah satu daerah adalah NTT. Upaya penjualan manusia ini terus menjadi perhatian pemerintah tapi masih saja ada oknum mengambil kesempatan lewat bisnis gelap ini termasuk diduga ada di kantor Imigrasi hingga pemalsuan dokumen juga tak jarang terjadi.

Bagi masyarakat Kupang, nama Boy Most tak akrab diterima apalagi berkaitan dengan suplai TKW ke Malaysia asal NTT. Terakhir sepak terjang si Boy dalam catatan kepolisian harus berakhir dan terungkap modus operandi digunakan hingga bisnis gelap ini mulus berjalan.

Boy ditangkap di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Kamis, 28 Desember 2017. Boy merupakan sosok penting di dua perusahaan besar yang ada di NTT yang pernah disebut-sebut ada kaitannya dengan proses kematian TKW, Dolfina Abuk asal Kabupaten Timor Tengah Utara.

Selain itu, Boy juga mempunyai beberapa transaksi dengan tengkulak TKW ilegal agen Malaysia. “Namanya sering disebut namun tidak pernah tersentuh hukum,” kata Iptu Yohanes, Karateristik Polres TTS.

Boy Moy juga telah mengirim korban, Ance Juliana Punuf secara ilegal dan melakukan pemalsuan dokumen korban. Selama tiga tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga, korban tidak dihlgaji dan jatuh sakit hingga saat ini. “Pelaku diduga bermain mata dengan oknum imigrasi di Jakarta Barat, sehingga terbitlah paspor korban Ance Juliana Punuf,” paparnya.

Dalam aksinya, Boy dibekingi seorang agen Jakarta berinisial LM. LM juga yang memodali Boy Moy dalam memperjualbelikan anak NTT selama ini.

“Empat pelaku jaringan Boi Moy sudah ditangkap sebelumnya dan berkas perkaranya sudah dinyatakan lengkap,” katanya. (nonsens)

Komentar

News Feed