oleh

Gerakan Coklit PPDP Gelar Bimtek

MATARAKYAT-TORUT. Panitia Pemungutan Suara (PPS) Lembang (Desa) Rinding Batu menggelar Bimbingan Teknis kepada petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka persiapan Gerakan Pencoklikan Data Pemilih pada pukul 10.30 WITA, yang dilaksanakan di Kantor Lembang Rinding Batu. Selasa (16/1/2018).

Bimtek tersebut dihadiri oleh Kepala Lembang Rinding Batu, Panwas Kecamatan Kesu’, PPL, PPK, dan PPS Lembang Rinding Batu, serta petugas PPDP yang berjumlah 9 orang.

“Surat keterangan dikeluarkan oleh Dukcapil dan bukan oleh pemerintah Desa ataupun Kecamatan, kemudian untuk warga negara yang punya gangguan jiwa harus menggunakan surat keterangan dokter, dan setelah melakukan Coklik maka wajib petugas PPDP memasang stiker disetiap rumah yang sudah dilakukan pencoklikan”, jelas Markus Pea dari unsur PPS yang menjadi pemateri.

Jadi petugas PPDP wajib setiap 10 hari harus menyampaikan hasil Coklik ke PPS dan pada tanggal 20 januari secara serentak di Indonesia dilakukan Gerakan Coklik yang kemudian di upload ke medsos atau melalui media cetak ataupun media online sesuai himbauan KPU Pusat, tegas Markus dalam penjelasan materinya.

Secara terpisah juga Maryanto selaku komisioner KPU mengatakan bahwa penduduk yang saat dilakukan Pencoklikan tidak bisa menunjukkan e-KTPnya tapi pernah atau sudah memiliki e-KTP namun hilang maka akan tetap diisikan pada formulir yang telah disiapkan oleh petugas PPDP dan dimasukkan sebagai pemilih yang belum dipastikan sehingga nanti datanya di serahkan ke Dinas Dukcapil untuk di lacak datanya kemudian di berikan Surat Keterangan jika benar sudah pernah memiliki e-KTP. (Wildan)

Komentar

News Feed