oleh

Mengantar Anak Meraih Bintang Setinggi Langit

Tak ada satupun orang tua yang  tak bercita-cita mendambakan anak-anaknya menjadi hebat, sukses dan berhasil kelak. Selain anak adalah investasi masa depan, anak adalah kebanggaan keluarga. Karena itu, setiap orang tua bercita-cita menggantungkan setinggi langit anak-anaknya kelak bisa berhasil dan sukses menjadi teladan buat semua keluarga. Namun, kenyataannya tak semua orang tua bisa mengantar dan mendidik anak-anaknya sukses.

Mendidik anak tak sekadar mengandalkan materi, fasilitas dan harta yang berlimpah. Tapi yang lebih penting lagi adalah mempersiapkan pendidikannya sejak kecil hingga dewasa. Sebagai penggerak parenting, saya selalu mengutamakan mendidik anak tak harus materi berlimpah, apalagi fasilitas wah. Ukurannya, mendidik anak sejak dini bagaimana orang tua menumbuhkan kasih sayang dengan membangun komunikasi yang sehat bahwa anak dan orang tua adalah sahabat yang baik. Dengan membangun komunikasi yang terbuka, enjoy dan santai, anak-anak lebih terbuka dan jujur menyampaikan keinginan-keinginan yang lebih utuh.  Kuncinya, bangun komunikasi yang sehat antara anak dan orang tua lebih intensif.

Selain itu, orang tua memberikan perbandingan kekuatan dan kelemahan cita-cita sang anak dalam perspektif yang luas. Tak boleh lagi orang tua memaksakan keinginannya pada anak, apalagi cita-cita dan masa depan mereka. Orang tua hanya memberikan masukan, menjadi supir yang baik dan ikut kemana arah penumpang sesekali berdialog dalam melabuhkan cita-cita sang anak.

Nah, di ujung jalan pendidikan anak-anak kita yang dipelupuk mata akan menghadapi SBMPTN 2018, sebaiknya orang tua selalu hadir di tengah anak-anak kita terutama memberikan dukungan dalam memilih PTN pilihannya. Caranya, sebagai orang tua menggali informasi seluas-luasnya, bagaimana agar anak-anak kita lolos di PTN pilihannya. Mempersiapkan sebaik mungkin, memberikan latihan intensif, membangun komunikasi yang sehat dengan mereka dan menghindari hal-hal yang bisa merusak psikologis dan ketentraman anak-anak kita belajar. Fokus, dan perbanyak shalat Tahajud, Duha dan berdoa. Hanya dengan jalan ini, maka anak-anak kita meraih bintangnya setinggi langit. Selamat… (Bachtiar A.Kusuma – Ketua JOIN MAKASSAR)

Komentar

News Feed