oleh

Program Bansos Rastra Diluncurkan Pemkab Tana Toraja, Ini Faedahnya

-Toraja-1.084 views

TATOR. Berdasarkan surat Mendagri No 080/407/SJ, yang ditujukan kepada Gubernur seIndonesia terkait penyaluran Bansos Rastra tahun 2018, maka Pemkab Tana Toraja launcingkan penyerahan dan penyaluran Rastra kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang digelar di Tongkonan To’ Pao Mandetek, kelurahan Tambunan, kecamatan Makale Utara, pada pukul 12.00 wita. Senin (22/1/2018).

“Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) yang menggantikan bantuan Beras Raskin, itu diserahkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dimasing-masing kecamatan lewat pemerintah Lembang dan Kelurahan yang diberikan berdasarkan data keluarga penerima manfaat dari pemerintah Lembang dan Kelurahan melalui kecamatan dan Dinas Sosial dan semoga Rastra ini bisa bermanfaat bagi keluarga penerima manfaat”, jelas Semuel Tandi Bura, selaku Sekda Tana Toraja dalam sambutannya diacara launcing bansos rastra, di Tongkonan To’ Pao Mandetek.

Menurut Daniel Pappang yang menjabat sebagai Camat Makale Utara bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat di kecamatan makale utara sebanyak 397 KPM dimana tiap keluarga penerima mendapatkan 10 kg/bulan sehingga ada 3.970 kg/bulan yang akan di distribusikan bulan ini ke masing-masing kelurahan antara lain kelurahan Tambunan 50 KPM, Sarira 149 KPM, Lion Tondok Iring 83 KPM, Bungin 77 KPM, dan kelurahan Lemo 38 KPM.

Dalam surat Mendagri kepada Gubernur seIndonesia yang ditembuskan kepada Menteri Koordinasi Bidang PMK, Menteri Sosial, dan Dirut Perum Bulog menekankan beberapa poin penting diantaranya menegaskan bahwa penyaluran rastra setiap tanggal 20 tiap bulan oleh Perum Bulog dan disalurkan ke KPM mulai tanggal 25 tiap bulan,  serta surat tersebut juga memuat penegasan bahwa agar penyaluran rastra tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik terutama menjelang pilkada tahun 2018.

Dikesempatan yang sama juga, Etty Papayungan sebagai Kabid Pemberdayaan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Tana Toraja yang mewakili dinas sosial kabupaten Tana Toraja menjelaskan bahwa bantuan raskin sekarang telah diubah menjadi bansos rastra adalah bantuan sosial Beras Sejahtera yang diberikan secara gratis kepada keluarga penerima manfaat dan tidak ada lagi yang dibayar oleh keluarga penerima.

Dalam acara launcing Bansos Rastra di kecamatan Makale Utara tersebut juga sekaligus dilakukan penyerahan rastra secara simbolis dari perwakilan bulog palopo kepada pemkab tana toraja yang diterima oleh Sekda Tana Toraja kemudian diteruskan kepada camat makale utara yang mewakili 19 kecamatan dan selanjutnya diserahkan kepada lurah tambunan yang kemudian diberikan kepada 5 keluarga penerima manfaat.

Turut hadir dalam acara launcing penyerahan bansos rastra tersebut adalah kapolsek, Danramil kecamatan makale utara, dan tokoh masyarakat serta tokoh agama di Makale Utara. (Wildan)

Komentar

News Feed