oleh

Pemkab Gowa Salurkan Rastra, Ini Jumlahnya

-Daerah-1.641 views

GOWA | Sebanyak 32.259 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada dikabupten Gowa segera menerima bantuan sosial pangan beras sejahtera (Rastra) tahun 2018. Batuan tersebut akan disalurkan ke 167 desa dan kelurahan.

“Untuk penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) tahun ini tidak ada lagi biaya yang akan dikeluarkan, jadi kita gratiskan kepada setiap kelurga penerima manfaat (KPM),” kata Adnan usai melepas Pendistribusian Bansos Rastra, di halaman Kantor Bupati Gowa, rabu (24/1/2018) pagi.

Adnan Purichta IYL menegaskan dalam penyaluran Rastra tidak boleh ada kualitas beras buruk beredar di masyarakat nantinya.

“Kita berharap tidak boleh ada beras yang kualitasnya tidak baik yang beredar dimasyarakat, jika ada ditemukan, jangan diterima, langsung dikembalikan saja.  Kita akan meminta kepada Bulog untuk segera mengganti dengan kualitasnya lebih bagus dan sesuai,” jelasnya

Bansos Rastra ini merupakan upaya pemerintah dalam menetapkan kebijakan transformasi program subsidi raskin menjadi bantuan sosial pangan yang diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan

Adnan juga mengatakan pendistribusian Rastra ini dilakukan setiap bulan kepada setiap KPM dengan akan diawasi oleh muspida.  yang diharapkan mampu mengurangi beban pengeluaran dan akses bagi masyarakat miskin yang bermuara pada pengurangan angka kemisikinan dengan cepat.

Kasubid Divre Bolog Wilayah VII Makassar, Abdul Mukti mengatakan dalam penyaluran bansos Rastra pihaknya sebagai ditributor

Akan siap memberikan pelayanan yang maksima, dan akan mengganti beras yang rusak apa bila  ada yang ditemukan.

“Jadi kami siap mengganti beras yang tidak layak. Jadi jika ada masyarakat yang menerima Rastra yang tidak sesuai atau tidak layak komsumsi segerap laporkan hari itu juga, dan langsung kita ganti,” ujarnya.

Sementara itu ketua Tim Koordinasi Bansos Rastra Kab Gowa, H. Muchlis menjelaskan teknis bantuan ini.

“Bansos Rastra didistrubusikan mulai hari ini rabu, (24/1) secara serentak di 167 desa/kelurahan dengan jumlah 32.259 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelas Sekda Gowa.

Dalam penyaluran Rastra tersebut nantinya setiap KPM  akan mendapatkan 10 Kg  beras setiap bulannya secara gratis tanpa ada tebusan. ini  berbeda dengan tahun sebelumnya dimana PKM  mendapatkan 15 kg tetapi warga yang menerima Rastra  dikenakan biaya. (Ian)

Komentar

News Feed