oleh

Pemilikan Dokumen Kependudukan Gratis Buat Apa Jasa Calo

-Daerah-1.458 views

GOWA | Masyarakat  yang bermaksud mengurus dokumen kependudukan seperti, E-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta kelahiran langsung kekantor Disdukcapil tanpa melalui perantara atau calo. Gratis hingga buat apa gunakan jasa calo.

“Bagi masyarakat yang ingin bermohon untuk memiliki dokumen negara kita harap yang bersangkutan langsung mengurusnya sendiri, jangan melalui orang lain atau perantara. Hal ini bertujuan dalam rangka menjaga pengamanan dokumen agar tidak terjadi kesalahan data,” kata Kadis Disdukcapil Gowa, H. Ambo, kamis (25/1/2018) kepada sejumlah jurnalis termasuk dari Matarakyatmu.com.

Dijekaskan, pengurusan dokumen tersebut melalui orang lain, biasanya terjadi keterlambatan penerbitan dikarenakan pengurus atau calo tersebut belum melengkapi atau belum menyetor berkas pemohon kekantor Disdukcapil sehingga warga merasa dipersulit atau menuding pelayanan tidak maksimal.

“Berapa masyarakat mengeluhkan  pelayanan tetapi setelah kami tanya ternyata mereka mengurusnya melalui perantara. Ada yang memang belum sampai berkasnya, dan malah ada yang sudah diambil dokumennya oleh orang lain tapi tidak diketahui oleh pemohon,” jelas Ambo.

Ambo mengingatkan kepada masyarakat agar mengurus dokumennya sendiri dan jangan melalui pengurus, sebab untuk pelayan integrasi dokumen negara bagi masyarakat seluruhnya telah digratiskan oleh Disdukcapil Gowa tanpa dipungut biaya.

“Seluruh penerbitan dokumen Negara, digratiskan jadi tidak sulit, kalau berkasnya lengkap hari itu juga akan selesai,” papar nya.

Begitu pun penerbitan e-KTP, ae-KTAmbo menjelaskan tidak bisa diwakili oleh orang lain hal tersebut untuk menjaga data dan keamana pemiliknya.”untuk mengambil e-KTP harus yang bersangkutan, tidak boleh diwakili oleh orang lain, kecuali orang itu masih  dalam satu keluarga dengan pemilik e-KTP,” tambah Ambo. (ian)

Komentar

News Feed