oleh

Meningkatkan Kesadaran Bela Negara Pada Siswa, Ini Dilakukan Ipda Adnan

-Daerah-1.374 views

MATARAKYAT-TORUT. Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi generasi muda sekarang menjadi salah satu materi bidang studi yang sangat penting sebagai pendidikan untuk membina jiwa dan karakter para generasi muda dalam menjaga kesatuan negara Republik Indonesia serta memberikan pendalaman hidup berbangsa serta bernegara.

Dalam meningkatkan pengetahuan kewarganegaraan bagi generasi muda terutama di lingkup pendidikan bangku sekolah maka itu tak lepas dari peranan semua unsur stackholder yang ada, secara khusus peranan guru di setiap sekolah.

Seperti yang di lakukan oleh Ipda. Adnan Leppang, SH, MH, yang menjabat sebagai Kanit II Lantas di Polsek Rantepao, dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota satuan Kepolisian Republik Indonesia, maka dalam mengamanatkan Tri Brata dan Catur Prasetya dari institusi Polri sehingga untuk mengisi waktu kosong di selah tugas utamanya sebagai polisi, Adnan juga mengabdikan diri sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK SMART Rantepao.

“Ya, saya mengajar sejak bulan Juli tahun 2017 sampai sekarang di sekolah SMK SMART Rantepao dan memberikan bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan yang berdasarkan kurikulum yang ada sekarang dan juga memberikan pengetahuan tata tertib berlalu lintas yang baik sebagai bentuk dari menjadi warga negara yang taat hukum”, ungkap Adnan Leppang, di ruang kerjanya. Jumat (26/1/2018)

Menurut Ipda. Adnan Leppang bahwa kabupaten Torut ini masih banyak yang harus dibenahi baik dalam segi tertib berlalu lintas dan paling utama itu pembinaan generasi muda dibangku sekolah tentang pengetahuan menjadi warga negara yang baik dan taat hukum, sehingga dibutuhkan kerja keras serta kemauan dan kerjasama semua komponen di daerah Toraja Utara agar generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal negatif yang bisa menghancurkan cita-cita dan masa depan anak muda generasi penerus bangsa.

“Pendidikan dan pemahaman itu lebih penting dibandingkan penindakan hukum, jadi sangat menarik di Toraja Utara sebagai salah satu kabupaten termuda untuk membina generasi muda dan saya juga selaraskan dengan program Kapolres Tana Toraja yaitu Polri mengajar dan melanjutkan program bapak Lute Lantang yang pernah menjabat Kapolsek Rantepao yang juga mengajar di SMK SMART semasa bertugas di Toraja”, papar Ipda. Adnan Leppang.

Kanit II Lantas Polsek Rantepao Ipda. Adnan Leppang, mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar di sekolah SMK SMART Rantepao atas permintaan guru di sekolah tersebut dan sangat berharap sekiranya melalui pembinaan generasi muda Toraja di bangku sekolah bisa memberikan perubahan secara positif bagi insan muda Toraja kedepan.

Liputan : Wildan

Komentar

News Feed