oleh

KPU Verifikasi Partai Politik, Ini Syaratnya

Matarakyatmu | Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 6 tahun 2018 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umun anggota DPR dan DPRD.

Khaerul Mannan, SH.MH (anggota KPU Sulsel Divisi Hukum dan Pengawasan) menjelaskan bahwa Veririfikasi dilakukan untuk melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan partai politik menjadi peserta pemilu.

Foto : Sosialisasi Peraturan KPU no 6 tahun 2018 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umun anggota DPR dan DPRD.

KPUD meminta Kepada partai politik untuk memperbaiki data keanggotaanya, agar dilakukan verifikasi faktual.

Lanjut Khaerul, KPU menghimbau kepada pengurus partai terutama kepada ketua, sekretaris dan bendahara wajib hadir pada saat verifikasi.

Jadwal akan dilakukan Verifikasi faktual dimulai pada tanggal 30 Januari sanpai 1 Februari 2018.

Syarat kelulusan verifikasi partai politik dihitung berdasarkan Jumlah keseluruhan anggota, kemudian akan dikonversi menjadi 5% menjadi syarat terpenuhinya standar minimu.

Sementara jumlah partai politik di provinsi sulsel sebanyak 16 partai, 4 partai diantaranya sudah dilakukan verifikasi dan 12 yang belum.

Pada saat dilakukan verifikasi, peserta yang tidak bisa hadir cukup menggunakan tekhnologi (video call) guna untuk mencocokkan indentitasnya yaitu KTP dan KTA.

Liputan : Yudhy

Komentar

News Feed