oleh

Tim Bandit Polres Gowa ‘Obok-Obok’ Pelaku Curat

GOWA, — Aparat Polsek Bontomarannu berhasil menangkap empat orang pelaku pencurian ternak yang bisa biasa beraksi diwilayah hukum Polres Gowa. Empat orang pelaku yang berhasil diringkus satu diantaranya merupakan penadah.

Sebelumnya Polisi terlebih dahulu menangkap  pelaku inisial KM (24) dirumahnya yang kemudian petugas melakukan pemgembangan dan berhasil menangkap lagi tiga orang pelaku yakni inisial yaki, SI (31), AN (20)  dan NN (30) yang merupakan penadah hasil sapi curian ketiga pelaku.

“Ketiga pelaku ini kita tangakap dengan kasus pencurian ternak milik warga. Salah satu TKP nya itu disamping Lapangan Tembak Rindam XIV Hasanuddin Pakato barhasil. Awalnya kita menangkap satu pelaku terlenih di Je’nemadinging Desa Kampili Kecematan Pallangga Kabupaten Gowa, Selasa, (30/1/2018). Selajutnya kami berhasil menagkap lagi beberapa rekannya,” kata Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silotonga, saat menggelar Press realiase di Mapolsek Bontomarannu, rabu (31/1/2018) siang.

Shinto menjelaskan adapun modus pelaku mencuri ternak (sapi) korbannya yakni dengan mencuri sapi saat  ditambatkan dilapangan. Saat sapi tersebut luput dari pengawasan, maka para pelaku langsung membawa sapi tersut dan diangkut kedalam mobil yang telah disiapkan.

“Dalam melaksanakan aksinya pelaku bekerjasama mencuri sapi warga yang saat itu tidak dalam pengawasan pemiliknya. Mereka langsung mengangkut sapi keatas mobilnya dan langsung disembelih agar hewan tersebut tidak meronta saat diangkut kemobil,” jelas Shinto.

Dari pengakuan para tersangka sapi yang mereka curi tersebut kemudian ia jual seharga Rp9 juta sampai Rp10 juta setiap ekornya kepada penadah  dan adapula yang dijual perkilo dengan harga Rp90 ribu setelah dipotong-potong. Menurut pelaku Sapi hasil curian tersebut dijual disalah satu pasat yang ada Kabupaten Gowa.

“Menurut pengakuan pelaku hasil curian  mereka bagi tiga, masing-masing mendapatka  Rp3 juta,” papar Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbutannya ketiga pelaku pencurian tenak ini akan dikenakan pasal 363 pencurian dengan pemberatan minimal 7 tahun, sedangkan satu orang pelaku sebagai penadah akan dikenakan pasal 480 dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. (ian)

Komentar

News Feed