oleh

Angkutan Perintis Operasi di Kepulauan Selayar

-Daerah-1.408 views

SELAYAR | Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIX Sulselbar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar menghadirkan pelayanan angkutan perintis dengan rute Benteng Pattumbukang dan Benteng Pamatata.

Layanan perintis yang dilaunching langsung oleh Bapak Bupati Muhammad Basli Ali berlangsung unik, sedrhana dan meriah karena di lakukan di desa harapan kecamatan bonto sikuyu di lokasi bendungan lanta pumangka bersama masyarakat dan unsur Muspida, para kepala desa dan tokoh masayarakat yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pelepasan secara simbolis.

Bpk. Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali sangat berterimakasih dan apresiasi atas bantuan yg diberikan oleh Kementerian Perhubungan. ” bantuan ini sudah lama kami tunggu dan masyarakat sangat berharap, Coba bayangkan kalau selama ini masyarakat mengeluarkan biaya antara Rp.50.000 s/d 75.000, dengan masuknya Angkutan Perintis tarifnya hanya antara Rp.15.000 s/d 25.000,. Tentu ini sangat berarti bagi masyarakat.

Lanjut basli mengatakan bahwa Layanan yang dioperasionalkan oleh DAMRI dengan jarak 46 km dengan waktu 1 jam, sangat membantu masyarakat.
“dengan adanya angkutan perintis ini dapat mengurangi beban masyarakat kepulauan selayar karena angkutan ini adalah angkutan bersubsidi.”
Lanjut Basli.

Kabalai BPTD XIX Sulselbar, Benny Nurdin Yusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan nawacita bapak presiden RI bapak Joko Widodo salah satunya adalah bagaimana menghadirkan negara di tengah tengah masyarakat, dan ini sejalan dengan salah satu renstra perhubungan darat yaitu peningkatan aksesibiltas melalui peningkatan sarana dan prasarana utamanya bagaimana menghadirkan angkutan Perintis daerah terpencil.

“esensi perintis adalah bagaiman membuka keterisolasian, kalau selama ini masyarakatbdi pulau sulit mendapatkan akses melalui jalan darat, maka angkutan perintis yg dilaunching pak Bupati ini akan memberikan nilai tambah dalam menunjang perekonomian masyarakat dalam mengakses kebutuhan di Kota dan di pulau, apalagi Pattumbukang adalah pintu gerbang masayarakat pulau untuk masuk ke kota Benteng.

Andi Baso selaku Kadishub Selayar merasa senang apa yg sudah ada saat ini karena ini adalah buah dari kerja keras kita semua. “Walaupun saya baru 9 bulan menjabat tapi komunikasi dengan insan perhubungan cukup baik. Inilah yg kami bangun terus untuk menghadirkan tata kelola transportasi di Kepulauan Selayar”

M. Ilyas HR selaku GM DAMRI berharap bahwa Layanan ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya oleh masyarakat kepulauan Selayar. ” Saya sangat senang mengingat Damri sudah bisa berbuat untuk masyarakat sesuai visi misi Damri “menjadi penyedia jasa angkutan jalan yg aman terjangkau berkinerja unggul andalan masyarakat indonesia dan regional asia tenggara.

Kuncinya adalah kami selalu siap dalam memberikan pelayanan yg terbaik untuk masyarakat pengguna jalan khusunya si kepulauan Selayar.tambah Ilyas.

Komentar

News Feed