oleh

Inilah Tahapan Polres Gowa Mengamankan Ujukrasa Pilkada

-Metro-1.010 views

GOWA |Keributan terjadi di Tps 1 batang kaluku rabu ( 07/03/2018) pukul 10.30 wita oleh 10 orang warga yg memprotes krn hak suaranya ditolak dikarenakan tdk terdaftar dalam daftar pemilih tetap kejadian tersebut berlangsung siang tadi saat Gladi Kotor Sispam Kota.

A. TAHAP I (AKSI PROTES MASSA DI TPS)
Atas kejadian tersebut kemudian petugas di TPS memberi penjelasan dan terjadi perdebatan serta penolakan dari warga kemudian petugas pam turut memberikan penjelasan dan pemahaman namun hal itu tetap tdk ditanggapi dan terus bertahan menolak hasil penghitungan suara.

Untuk mengantisipasi kemungkinan hal terburuk, Personil Pam sesegera mungkin Mengawal kotak suara ke PPK dgn pengawalan Kepolisian lalu terjadi penghadangan dan berusaha merebut kotak suara.

B. TAHAP II (PENGAWALAN KOTAK SUARA KE PPK)
Satuan lalu lintas Polres Gowa yg mengawal kotak suara berusaha memberi pemahaman tetapi aksi penolakan terus berlanjut, karena melihat situasi tidak kondusif selanjutnya Kateam Wal meminta bantuan Patmor sabhara untuk meredam aksi massa dengan memberi himbauan namun tidak di hiraukan tetapi hal itu tdk berlangsung lama selanjutnya massa mundur kemudian tim pengawal kotak suara tiba di kantor PPK.

C. TAHAP III (MASSA MEMINTA AGAR KOTAK SUARA DI BONGKAR)
Saat Kotak suara tiba di PPK massa terus bertambah banyak eskalasi massa meningkat dan memaksa masuk ke kantor PPK. Melihat situasi yg mulai tidak terkendali dengan adanya aksi bakar ban kemudian Ka Pam Obyek mememinta bantuan tim negosiator namun negosiasi tidak berhasil dan tidak terkendali lalu Ka Pam Obyek meminta kembali bantuan dalmas awal mengamankan massa dan terjadi komunikasi dengan Danton Dalmas namun massa tetap bertahan, kemudian dilakukan tindakan lanjutan dengan memadamkan api yg berkobar.

Karena massa bertambah emosi kemudian terjadi saling dorong kemudian Ka Pam Obyek meminta bantuan tim negosiator dan terjadi negosiasi dan hal juga tidak digubris, mengingat situasi bertambah panas, demonstran mulai membakar ban, tidak berselang lama Dalmas awal tiba di PPK membubarkan massa.

Ditengah adanya aksi anarkis Unit Intel dan anti bandit menyusup ketengah massa kemudian mengamankan Korlap dan seorang demonstran yg diketahui membawa sajam selanjutnya di bawa ke Polres Gowa. Dengan adanya penangkapan tersebut massa perlahan mundur kemudian membubarkan diri.

Tahap IV (SIDANG PLENO DI KPU KAB GOWA)

Setelah hasil penghitungan suara berakhir kemudian diadakan sidang pleno oleh perangkat dan komisionir KPU, massapun kembali mendatangi KPU lakukan orasi untuk membatalkan hasil penhitungan suara dan menuntut diadakan pemungutan suara ulang. Untuk mengantisipasi hal yg tdk diinginkan Ka Pam Obyek meminta bantuan ke Ka Rendal Ops untuk mendatangkan 1 SST tim negosiator dan terjadi negosiasi dengan meminta korlap massa bertemu dgn komisionir KPU.

Karena Komisionir KPU menolak bertemu, aksi massa bertambah panas dan eskalasi massa bertambah serta terjadi aksi bakar ban. Dengan kejadian tersebut Ka Pam Obyek meminta bantuan tim cegah melalui Ka Ren Dal utk mendatangkan dalmas awal dan dilakukan penindakan mengurai massa dan memadamkan api.

Melihat aksi massa bertambah beringas, Ka Pamka kembali meminta bantuan 1 SSK tim tindak Dalmas Lanjut untuk lapis ganti. Karena telah terjadi aksi bakar ban dan saling dorong serta anarkis ditambah situasi semakin tidak terkendali, Ka Pam Obyek berkoordinasi dgn Ka Rendal Ops untuk lakukan lintas ganti. kemudian Ka Rendal Ops Meminta Petunjuk kepada Ka Ops Res ( Kapolres), selanjutnya Ka Ops Res berkoordinasi dengan Dandim untuk memploting personil TNI pada obyek obyek Vital.

Setelah personil TNI berada di obyek Vital kemudian Ka Ops Res meminta Bantuan perkuatan 2 SSK PPH BRIMOB kepada Kapolda untul lintas ganti.
Dengan tibanya 2 SSK PHH BRIMOB di KPUD Ka Ops Res memberi himbauan kepada massa untuk membubarkan diri namun tdk dihiraukan. Atas kewenangan menciptakan keamanan yg kondusif Ka Ops Res mengambil keputusan untuk lakukan tindakan tegas dengan membubarkan massa lalu mengevakuasi Komisionir KPU menggunakan Kendaraan Escape.
(fai)

Komentar

News Feed