oleh

Politisi dan Tokoh Masyarakat Tanggapi KPUD Tator, Ini Alasannya

-Daerah-1.615 views

TATOR. KPUD Tana Toraja, menggelar rapat Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja tahun 2019, yang digelar di hotel Puri Artha Makale. Kamis (8/2).

Rapat Uji Pablik ini dihadiri oleh utusan dari berbagai pengurus partai politik yang ada di Tana Toraja, dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda,  tokoh agama, serta Panwas kabupaten Tana Toraja.

Dalam rapat tersebut, komisioner KPUD Tana Toraja menyampaika  bahwa adapun usulan-usulan pembagian dapil dari tiga opsi tersebut tetap akan di usulkan ke KPU RI untuk mendapat penetapan keputusan Dapil berdasarkan pertimbangan dari semua usulan yang masuk.

Penyusunan dari tiga opsi dapil itu sesuai dengan hasil dua kali pertemuan dengan pemangku kepentingan,  tokoh masyarakat, tokoh adat dan beberapa elemen masyarakat lainnya pada tahun 2017 lalu.

Dari tiga opsi dapil anggota DPRD tersebut,  salah satunya akan ditetapkan oleh KPU RI menjadi pembagian dapil anggota DPRD Tator di pileg 2019 mendatang, sehingga tugas dan tanggung jawab KPU Daerah menyampaikan simulasi dapil itu ke masyarakat melalui uji publik.

“Tanggapan dari peserta uji publik terhadap tiga opsi dapil DPRD Tana Toraja akan tetap kami terima dan tidak akan mempengaruhi penambahan dari tiga opsi dapil tersebut, jadi salah satunya akan dipilih KPU RI untuk ditetapkan menjadi dapil pileg Tana Toraja 2019″, ujar Rizal Randa

Ditambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menggali usulan, yang nantinya akan dipresentasikan dan menunggu sampai bulan maret untuk penetapan dari KPU RI, namun hasil ini diplenokan untuk di sampaikan ke KPUD propinsi, selanjutnya di teruskan ke KPU RI untuk mendapatkan penetapan, jelas Risal Randa, selaku ketua KPUD Tana Toraja.

Adapun ketiga opsi dapil tersebut berdasarkan alokasi kursi adalah opsi pertama terdiri dari 6 dapil, opsi kedua 5 dapil namun ada perubahan di dapil 4 dan 5 dari dapil pileg tahun 2014, dan opsi ketiga juga 5 dapil mengikuti pembagian dapil pileg tahun 2014.

Liputan : Wildan

Komentar

News Feed