oleh

Meningkatkan Demokrasi Melalui GISA, Ini Tujuan Mendagri

Jakarta | Untuk meningkatkan kualitas demokrasi pada pilkada 2018 melalui gerakan sadar administrasi kependudukan (GISA).

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menjelaskan Berkaitan dengan pelaksanaan GISA, diterbitkan Instruksi Mendagri, Mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok fungsi dan kewenangan; Menciptakan ekosistem yang mendukung suksesnya GISA; serta Wajib mempedomani sejumlah program GISA. Ungkap Tjahjo Kumolo Jum’at (9/2)

Diketahui, program GISA yakni, Program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk, Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan, Program Sadar Melayani Administrasi Kependudukan.

Dalam setiap provinsi harus dibentuk minimal satu Kabupaten-Kota Sadar Adminduk, Menetapkan data setiap kecamatan dalam 1 kabupaten-kota, dibentuk minimal satu Desa Sadar Adminduk, Kepala daerah melaporkan hasil tugas dimaksud kepada Mendagri setiap 3 bulan sekali.

Tjahyo penyampaiannya juga mendukung penuh pelaksanaan Pilkada serentak 2018. Menurutnya, salah satu kunci utama pilkada serentak sukses dan berkualitas adalah tersedianya data kependudukan yang akurat dan terkini.

“Sejauh ini Kemendagri telah menyiapkan DP4 dan menyerahkannya kepada KPU,” tutur Politisi PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya, Tjahyo meminta Ditjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil di daerah untuk bekerja keras melakukan inovasi. Ia menghimbau membuka pelayanan pada hari libur bagi Kabupaten dan Kota yang perekaman/pencetakan KTP-elektroniknya masih bermasalah.

Liputan : Adhyt/Yudhy

Komentar

News Feed