oleh

Pendistribusian APK, KPU Butuh Waktu Satu Bulan

Jakarta | Usai Penetapan Calon dan pengundian nomor urut yang dilaksanakan, kini KPU harus menyiapkan Alat Peraga Kampanye (APK).

Sebelum APK disalurkan, ada hal hal yang harus dilakukan oleh KPU sehingga dalam pendistribusian membutuhkan waktu, sementara pada tanggal 15 Februari sudah dimulai melakukan kampanye.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman menyampaikan, butuh waktu sekitar 1 bulan dalam mempersiapkan sampai tahap pendistribusian alat peraga kampanye (APK).

“APK itu disiapin, bahan-bahannya akan dicetak, jadi butuh waktu,” kata Arief Budiman

Arief menekankan, Alat peraga Kampanye itu bukan menjadi satu-satunya cara dalam berkampanye. Menurutnya, pasangan calon bisa memperkenalkan dan mensosialisasikan dirinya lewat cara lain selama tidak melanggar regulasi yang ada.

“Cara berkampanye itu banyak, tatap muka, debat. Jadi, kalo bahan kampanye nggak jadi masa nggak kampanye? nggak dong,” tegasnya.

Diketahui, untuk metode kampanye dilaksanakan melalui pertemuan terbatas, debat publik dan pemasangan alat peraga kampanye (APK) sesuai PKPU Nomor 4 Tahun 2017.

Selain itu, Arief menghimbau pada tanggal 14 Februari besok, Paslon dan partai pengusung agar mengirimkan desain bahan kampanye. Kemarin pada 12/2/2018 KPU telah menetapkan pasangan calon, hari ini tanggal 13 baru ditentukan pengundian nomor urut, sedangkan kampanye akan dimulai pada 15 Februari lusa, paparnya.

“Tanggal 14 KPU harus sudah menerima desain bahan kampanye, baru tanggal 15 mungkin masih tahap produksi,”

“Butuh waktu 1 Minggu untuk produksi APK ditambah distribusi 1 Minggu lagi, yaw paling semuanya 1 bulan,” ungkap Arief.

Liputan : Ifan

Komentar

News Feed