oleh

Pemda Torut Serahkan Sertifikat Tanah Pada Masyarakat, Ini Tujuannya

-Daerah-1.796 views

TORUT | Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara menerima penyerahan sertifikat tanah dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertahanan Nasional, yang diterima langsung oleh Bupati Toraja Utara, Kala’ Tiku Paembonan dan dihadiri oleh Lutfi A. Mutty, sebagai anggota Komisi II di DPR RI yang membidangi pertanahan.

Sertifikat tanah yang diterima oleh Bupati tersebut, langsung diserahkan kepada masyarakat secara simbolis yang dilangsungkan di Kelurahan Laang Tanduk, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Rabu (14/02/2018).

Lutfi A. Mutty, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah safari kami sebagai anggota komisi II di DPR RI dalam menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat dan tentunya program inti dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Sekarang di pusat saya bersama anggota DPR RI Pusat sedang mengagas undang-undang masyarakat hukum adat, namun tak berjalan mulus sebab banyak hambatan yang dihadapi. Akan tetapi kami terus mengagas hal itu”, tandas Lutfi A. Mutty.

Ditambahkan Lutfi A. Mutty bahwa melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) semua mengurusan tanah akan transparant, pungutan kepada rakyat tanpa berdasarkan hukum dan aturan adalah tindak tidak benar “pungli”

Dikesempatan yang sama juga, Kala’ Tiku Paembonan mengatakan bahwa kehadiran salah satu sahabat kita dari DPR RI Pusat sangat membantu bagi Kabupaten Toraja Utara terkait masalah tanah, ada banyak solusi sebagai jalan keluar sehingga bisa sebagai kontribusi bagi daerah.

Sekarang bila mengurus tanah tidak mahal lagi dan pengurusannya cepat, bisa langsung menanyakan hal itu ke kantor dinas terkait yakni Kantor Pertanahan Kabupaten Toraja Utara.

Masalah pertanahan ini memang sangat rumit tetapi disetiap permasalahan itu selalu ada jalan keluar, terima kasih kepada bapak Lutfi karena ini merupakan berkat bagi kabupaten ini.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Toraja Utara, Sa’pang Allo, kepada media mengatakan bahwa Sertifkat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Toraja Utara Sa’pang Allo kepada Bupati Toraja Utara di kelurahan Laang Tanduk. Total sertifikat yang diserahkan 70 buah dari total 500 sertifikat.

Sejalan dengan program Kementrian Agraria setelah ditemui media, Kepala Pertanahan Kabupaten Toraja Utara menjelaskan ada 70 sertifikat dari total 500 sertifikat dan sebagian sertifikat sudah terealisasi kepada masyarakat dan sertifikat ini diserahkan secara gratis untuk masyarakat, beber Sa’pang Allo.

Untuk wilayah Limbong ada 20 sertifikat tanah dan Laang Tanduk 50 sertifikat tanah yang diserahkan.

Turut hadir dalam penyerahan sertifikat tanah tersebut adalah Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Kadis Infokom Kab. Torut Fitra, Kadis Satpol PP & Damkar Torut Yoel Tangdiembong, Lurah Laang Tanduk Ruth Repelita Palilu serta masyarakat penerima sertifikat.

Liputan : Wildan

Komentar

News Feed