oleh

Sinergisitas Pelaksanaan Tugas Hindari Terjaring OTT, Ini Langkah Kemenhub

-Metro-1.224 views

Makassar | Bertempat di Ruang Rapat Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dengan tema “Acara sambung rasa silaturrahim Koordinator Wilayah Kemenhub Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat”.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Ka.UPT, Ka.UPP dan Syahbandar se Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Kepala Syahbandar Utama Makassar sekaligus Koordinator Wilayah SULSEL-BAR Vikky Viktor Subroto, MM, M.Mar.E “Bahwa dengan adanya Koordinasi dan masukan tentunya kita bisa bercermin untuk Perhubungan yang lebih baik”.ujar Viktor sapaan akrabnya

Selanjutnya Kabalai BPTD XIX Sulselbar, Drs. Benny Nurdin Yusuf, AMd. LLAJ, MH dalam perkenalannya “Organisasi kami(BPTD) lahir dari PM 154 tahun 2015. Masalah didarat sangat kompleks, sehingga butuh kordinasi dan sinergitas yang baik dalam membangun tata kelola transportasi darat yg lebih baik.

Sebagai insan Perhubungan harus mempunyai prinsip bahwa untuk marwah Perhubungan yang lebih baik harus menyambung kinerja yg baik pula, dan khusus di darat untuk membuang image buruknya pelayanan Perhubungan Darat, Kehadiran BPTD harus bekerja lebih baik, semangatnya.

Benny mencontohkan dalam penataan penyelenggaraan angkutan peti kemas seperti amanah dalam PM 14 tahun 2004 tentang penyelenggaraan angkutan peti kemas.

Sampai saat ini belum ada perubahan bahkan masih jauh dari harapan amanah UU, olehnya koordinasi dan sinergitas pihak syahbandar dan otoritas pelabuhan, pelindo bersama jajaran perhubungan darat harus dibangun untuk tata kelola penyelenggaraan angkutan peti kemas yg baik.

Terkait Penyelenggaraan Angkutan Peti Kemas bukan lebih baik tapi lebih buruk. Sekarang lebih banyak Kendaraan Yang dipakai angkutan peti kemas adalah truk tronton padahal sesuai KM 14 tahun 2007 harus menggunakan Trailer, yaitu kendaraan tractor head atau kendaraan penarik dan menggunakan kereta tempelan.

“Maka dari itu perlunya sinergitas antara insan Perhubungan, dan saya yakin Keberhasilan otoritas pelabuhan dan Kesyahbandaran maka secara otomatis Perhubungan Darat ikut berhasil”.ujar Benny

Acara ini berlangsung hangat dan serius. Selanjutnya Para Kepala Se Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat saling sharing tentang masalah-masalah yang dihadapi di wilayah kerjanya.

Melalui kegiatan sambung rasa dalam membangun koordinasi dan sinergitas insan perhubungan se Sulselbar, Victor menitipkan arahan Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bahwa kita harus bersatu karena kita mempunyai visi dan misi yang sama yaitu kibarkan bendera perhubungan., ujar Victor sapaan akrab KA.Sayhbandar Utama Makassar.

Lanjut Victor menekankan terkait penertiban pungli yg sampai saat ini menjadi konsen kementerian Perhubungan dalam menata internal menjadi salah satu penekanan dalam pertemuan.

“Kita harus saling mengingatkan dan perlunya pengawasan untuk menekan indikasi pungutan liar atau pungli jangan sampai terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang bisa mencoreng nama Perhubungan.Tutup Viktor. (Humas BPTD XIX Sulselbar, Andi Dewa 081243376889)

Komentar

News Feed