oleh

Pemeritah Pusat Harus Perhatikan Lahan Tidur Monokwari

Jakarta, | Terkait dengan program pemerintah pusat pada era Jokowi Jk yakni pemerataan pembangunan terkhusus pada sektor pertanian. Daerah Timur merupakan daerah yang masih tertinggal pada persoalan tersebut.

Terkait dengan pemerataan di pada bidang pertanian, mendapat perhatian dari anggota Komisi IV DPR RI terkait memanfaatkan lahan tidur.

Agustina Wilujeng Pramestuti dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, lahan tidur di Monokwari, Papua barat harus dimanfaatkan untuk pertanian.

“Lahan menganggur yang mau dimanfaatkan itu, harus mendapat perhatian secara menyeluruh dari kementerian terkait,” kata kata Agustina, saat dihubungi terkait Kunjungan Komisi IV dalam rangka Reses di Monokwari, Papua Barat, Senin (19/2/2018).

masyarakat Papua dalam memenuhi kebutuhan karbohidratnya lebih condong mengkonsumsi Jagung, Ubi, Ketela, Talas, dan Sagu. Oleh sebab itu, menurut Agustina pemanfaatan lahan tidur untuk pertanian merupakan langkah yang tepat.

“Lagi pula pemerintahan pak Jokowi juga menggalakkan penanaman Jagung dan Sagu,” tegas Agustina.

Selain itu, Agustina menilai, Pemerintahan Jokowi telah memberikan perhatian luar biasa terhadap pertanian dan kesejahteraan pangan Papua.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pemanfaatan lahan tidur di Monokwari, Papua Barat ini dalam rangaka menindaklanjuti Program Cetak sawah yang dicanangkan Pemerintah Pusat dan upaya cetak sawah tersebut berhasil, tandasnya.

“Upaya cetak sawahnya sukses 1 juta lahan, sawah tersebut tidak bisa meningkatkan produktifitas hasil pertanian. Jadi, harus mendapatkan dukungan sector irigasi dan infrastruktur lainnya,” ungkap Agustina.

Agustina melanjutkan, untuk pembangunan bendungan dekat lokasi pertanian hingga saat ini belum sampai ke lokasi cetak sawah. Info dari Litbang pertanian, air bendungan lebih ramah terhadap tanah pertanian karna kandungan kapur yang memadai. Maka dia menyampaikan akan memperjuangkannya guna meningkatkan hasil produksi pertanian setempat.

“Kami berjanji akan mengkordinasikannya dengan teman-teman terkait bendungan irigasi pertanian untuk pembuatan jaringan irigasi,” tutur Agustina.

Liputan : Ifan

Komentar

News Feed