oleh

Dinas Perikanan Enrekang Tabur Bibit Nila Sepanjang Sungai Saddang

-Daerah-1.670 views

Enrekang | Bidang perikanan Kabupaten Enrekang tabur benih ikan nila di sekitar wilayah sungai saddang pada saat perayaan hari jadi Enrekang Ke 58 yang di selenggarakan 19 /2/2018′.

Menurut DR Junwar ‘ kadis perikanan Enrekang kepada Wartawan ‘100.000 ekor ikan nila akan dikembangkan di bantaran sungai dan hal itu merupakan kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan utamanya yang hidup di sepanjang bantaran sungai.

“setidaknya 8 alur sungai di Enrekang kita dapat optimalkan ‘namun hal itu belum bisa di implementasikan”. Jelasnya

Kelompok perikanan Kopwasmas’ menjadi sasaran program tersebut, namun masyarakat umum pun bisa menikmatinya terserah masyarakat mau mancing, menjala asal jangan menggunakan racun atau kontak strum.

“kita bekerjasama pihak babinsa dan kepolisian dalam hal pengamanan sumberdaya air bagi oknum tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan punahnya bibit ikan yang sudah berkembang biak di bantaran sungai” terang Dr Junwar diruang kerjanya kepada Matarakyatku.com 20/2/2018.

Lanjut dikatakan Dr Junwar. Kebijakan pemerintah daerah melalui APBD II dapat memberi peluang bisnis kepada masyarakat ‘kendati bisa tangkap lalu di jual atau bisa juga di konsumsi untuk memenuhi nutrisi masyarakat.

“memang harus ada pembuatan embung, cekdam agar riamnya lambat. Jika ikan nila itu tumbuh besar didalam sungai boleh jadi hujan deras banjir bah datang ikan terbawa arus sampai ke daerah luar enrekang’ .

Pada umumnya ikan yang sudah besar dapat melawan arus sampai bisa bertahan di persembunyiannya, bertelur dan berkembang biak di sepanjang sungai saddang”pungkasnya .

Liputan : Ani Hasan

Komentar

News Feed