oleh

Kemacetan Hantui Warga Makassar

-Metro-2.390 views

MAKASSAR |Pembangunan pusat perbelanjaan Giant di Jl. A. Pangerang Pettarani Makassar dan RSIA Paramount akan menjadi momok kemacetan bagi warga. Berbagai pihak mendesak segera dihentikan.

Desakan ini disebabkan pembangunan Giant dimaksud hingga kini tidak memiliki izin Analisa Dampak Lalu Lintas seperti syaratkan sebelum mengurus perizinan lain seperti IMB berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 serta regulasi lain berkaitan kewajiban izin Andalalin.

Penerbitan IMB dinilai terjadi maladministrasi sebab tanpa dilampiri dikumen Andalalin. Kementerian Perhubungan sejak beberapa waktu lalu telah menyurati gubernur, bupati dan wali kota agar sebelum menerbitkan IMB lebih dulu mengurus dokumen Andalalin tapi tidak diindahkan.

Terjadi maladministrasi maka aktifitas Giant Pettarani didesak segera dihentikan sebab diyakini akan menjadi biang kemacetan baru kota Makassar.

Menelisik perizinan IMB Giant Pettarani, Sekretaris DTRB Kota Makassar, Andi Apriady meminta agar ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP untuk menanyakan.

Sementara Kadis Penanaman Modal dan PTSP A. Bukti Djufri mengakui jika pihaknya menerbitkan IMB pada masa transisi penyerahan wewenang dari DTRB ke Dinas PM dan PTSP. “Tapi, semua tehnis dan penarikan retribusi masih di Dinas Tata Ruang dan Bangunan,” ujar mantan Kadis Tenaga Kerja Makassar.

Ditambahkan A. Bukti Djufri pihaknya telah faham prosedure IMB buat Giant dan mendukung jika perusahaan itu mengurus dokumen Andalalin.

Bukan hanya pembangunan Giant Pettarani, Giant Gowa juga diduga kuat tak miliki dokumen Andalalin.

Bangunan laun yang bertengger kokoh di jalan negara tanpa dilindungi dokumen Andalali adalah RSIA Paramaunt masih di bilagan jalan A. P. Pettarani. Nah, ayo segel!!! (ifa)

Komentar

News Feed