oleh

PBB Siap Ikut Sidang Bawaslu, Ini Alasannya

JAKARTA | Ketua Umum Partai Bulan Bintang dan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra mengatakan dengan tegas bahwa Partainya siap ikut sidang. Partai Bulan Bintang tersebut siap hadapi sidang Bawaslu pada Jumat, 23 Februari 2018 besok di Gedung Bawaslu, Jakarta.

Yusril pun menjelaskan, alasan KPU tidak meloloskan PBB dengan menceritakan kejadian sebenarnya, menurutnya bahwa Enam anggota PBB di Kabupaten Mansel, Papua Barat telah hadir ke kantor KPU untuk diverifikasi. Tapi KPU menolak dengan alasan mereka dari 1 kecamatan dan besok diminta datang lagi. Besoknya datang lagi dari beberapa kecamatan, tapi KPU gagal buka Sipol.

Esoknya datang lagi, tapi KPU bilang pendaftaran sudah tutup. Lalu KPU Mansel seenaknya bilang verifikasi sudah tutup. PBB dinyatakan tidak lolos. KPU Mansel sengaja kerjain. KPU Provinsi Papua Barat koreksi keputusan itu. PBB dinyatakan lolos dan diumumkan ke publik, kata Yusril

Ia menambahkan bahwa Pengumuman PBB Dinyatakan lolos itu direkam video dan dipublikasi oleh media cetak dan elektronik

Diketahui, Bawaslu akan memeriksa gugatan PBB melawan KPU. Alat bukti termasuk saksi dan ahli sudah disiapkan. Kami menolak keputusan KPU yang menyatakan PBB tidak lolos ikut Pemilu, karena TMS di Kabupaten Manokwari Selatan” Kata Yusril, Kamis (22/2/2018) Pagi.

Selain itu, Sekretariat KPU Provinsi Papua Barat sudah mengingatkan komisioner agar draf Berita Acara yang semula bilang PBB tidak lolos agar diperbaiki. Namun hal itu dihiraukan sehingga ada dua Berita Acara, satu bilang lolos, satu tidak lolos

“Nampaknya BA yang tidak lolos itulah yang dibawa KPU Papua Barat ke Jakarta dan dilaporkan ke KPU Pusat. Kesalahan atau kesengajaan ini jelas merugikan PBB. Jum’at besok, Bawaslu akan mediasi. Mudah mudahan masalahnya selesai sampai di sini. KPU harus berjiwa besar” tegas Mantan Sekretaris Negara ini.

Liputan : Ifan

Komentar

News Feed