oleh

Rumah dan Baju Adat Enrekang Akan Diperdakan

-Daerah-5.755 views

Enrekang | Rencana Pemerintah Daerah Enrekang akan membuat Peraturan Daerah (Perda) Baju dan rumah adat Masserempulu yang sudah lama di harapkan.

Bidang kebudayaan Haming kepada matarakyatku.com 23/2/2018 di ruang kerjanya “menjelaskan bahwa ini sudah lama di bicarakan cuma belum terlaksana.

Namun melalui dialog budaya dari tiga etnis Enrekang, maiwa, dan tanah Duri duduk bersama membahas hal itu, yakni Eksekutif, legislatif para tokoh adat, Akademisi, HPMM, Hikma dari tiga wilayah tersebut akhirnya lewat inisiatif DPRD Enrekang komisi 3 mulai merancangnya, hal itu sementara dalam proses’imbuh Haming’.

Walaupun baju adat masserenpulu ada tetapi tidak menganggu komunitas adat di kabupaten Enrekang terserah, mereka pakai baju adatnya masing-masing jika ada acara- acara penting.

kita masyarakat Enrekang harus di akui bahwa kita punya baju adat tersendiri” yaitu baju adat masserenpulu.” Pungkasnya.

Baju laki-laki berwarna ungu menggambarkan sebuah kebesaran dan kewibawaan yang biasanya di pakai seorang raja Enrekang serta memiliki kancing yang ganjil 7 buah dan 5 buah’ yang terbuat dari emas atau yang di sesuaikan.

“7 Kancing berarti pitu Masserenpulu, sementara kerah bajunya yang bulat bersatu dalam tekad membangun daerah kemudian warnah baju yang di gunakan perempuan berwarna putih melambamgkam kesucian”. terangnya

Kasubag perundang-undangan DPRD Enrekang Mursalim via telpon mengatakan, Naskah Akademiknya sudah ada, no registrasi nya belum ada dari jakarta sementara tahap proses. tutupnya.”

Liputan : Ani Hasan

Komentar

News Feed