oleh

1.500 Sambungan PDAM Tirta Jeneberang Digratiskan

-Daerah-1.994 views

GOWA | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa akan melakukan pemasangan sambungan rumah gratis bagi calon pelanggan yang masuk dalam kreteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) secara gratis.

Kepala Satuan Pengawasan Intern (SPI) PDAM Tirta Jeneberang, Abd Malik menjelaskan pemasangan sambungan gratis pipa bagi setiap calon pelanggan ini merupakan program pemerintah pusat dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu untuk dapat menikmati sarana air bersih dari PDAM.

“Ini program pemerintah pusat atau program Hibah yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah untuk dapat menikmati air bersih dari PDAM Tirta Jeneberang. Jadi melalui program ini kita berikan kemudahan dengan menggratiskan biaya pemasangan baru dan pemasangan pipanya,” kata Malik, jumat (2/3/2018).

Dikatakan Malik, jika diluar program pemerintah pusat ini maka setiap calon pelanggan PDAM Tirta Gowa yang akan menjadi pelanggan akan dikenakan biaya pemasangan baru seharga Rp1.150.000.

Sementara itu Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa, Nurdiansyah mengatakan pihak PDAM Tirta Jeneberang sudah mengirim daftar nama-nama yang masuk dalam kreteria MBR ke pusat sejak dua minggu lalu.

“Jadi datanya sudah kami kirim ke pusat sejak dua minggu yang lalu, tinggal menunggu konfirmasi berikutnya dari pusat,” katanya.

Nurdiansyah juga mengatakan berdasarkan data dari PDAM Tirta jeneberang jumlah pendaftar Sambungan Rumah Gratis pada Program Hibah Air Bersih untuk MBR ini sebanyak 1.575 keluarga.

“Yang mendaftar kemarin itu sebanyak 1.575 keluarga, mudah-mudahan pusat bisa merealisasikan 1.500 keluarga,” tambahnya.

Terkait bagaimana hasil Verifikasi data dari pusat, Nurdiansyah mengatakan belum bisa menyapaikan kapan hasilnya bisa diketahui.

“Hasil belum bisa dipastikan, tapi tidak sampai berbulan-bulan. Yang jelas setelah pendataan selesai dari pusat akan langsung turun mensurvei rumah apakah layak atau tidak mendapatkan sambungan gratis,” ¬†jelasnya pula. (fyan)

Komentar

News Feed