oleh

Siswa SDIT Al-Islam Bima, Kunjungan Wisata Budaya ke Uma Lengge

-Daerah-1.525 views

Matarakyatmu | Kegiatan wisata budaya yang dihadiri oleh puluhan siswa yang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 5 SDIT Al-Islam ini berlangsung dengan sangat meriah, (Sabtu, 3 Maret 2018).
Dipilihnya Uma Lengge sebagai tempat kunjungan tidak lain adalah untuk mengenal warisan budaya daerah Bima, rumah adat tradisional (Uma Lengge), makanan khas Bima, serta karya seni tradisional.

Kepala Sekolah SDIT Al-Islam, Eka Yulianti, S,Pd menilai, kegiatan seperti ini akan memberi pelajaran yang bagus untuk peserta didik, di mana mereka bisa mengenal dan melihat secara langsung warisan-warisan budaya yang ada di Bima.

“Awalnya, kami tidak memiliki bayangan sama sekali mengenai Uma Lengge. Bagaimana atapnya, serta apa yang membedakan Uma Lengge dengan Jompa. Semuanya bisa kami lihat dan ketahui setelah berkunjung di sini. Mudah-mudahan dengan kunjungan ini, anak-anak bisa lebih tahu dan mengingat kembali bahwasanya, budaya Bima itu sangat banyak dan beragam” Terangnya.

Lebih lanjut, Eka mengatakan bahwa di SDIT Al-Islam sendiri, tidak hanya mengajarkan pendidikan berbasis budaya untuk peserta didiknya, tetapi juga mengutamakan akhlak dan moral anak, seperti pembelajaran alquran dan hadist.

“Kami mengikut kebijakan-kebijakan dari Dinas Pendidikan, tetapi ada beberapa jam pelajaran yang kami tambah sepertiJam tahfiz, bahasa arab serta nasehat-nasehat pagi, ini dilakukan agar mereka nantinya memiliki karakter, akhlak dan moral yang bagus.” Imbuhnya.

Eka berharap, semoga pendidikan di Bima menjadi lebih baik dan lebih maju lagi. Sarana dan prasarana maupun aspek-aspek yang menunjang pendidikan bisa terus diperhatikan dan diperbaiki lagi oleh pemerintah setempat agar lebih layak untuk digunakan ketika proses belajar mengajar berlangsung. (ii)

Komentar

News Feed