oleh

Signifikan Peningkatan Aktifitas UKM dan Menekan Pengangguran Lewat Pasar Malam

MAKASSAR | Disadari atau tidak eksistensi aktifitas pasar malam dibeberapa sudut kota Makassar, berdampak pada penyaluran tenaga kerja.

Pemanfaatan tenaga kerja terserap pada satu titik kegiatan pasar bisa mempekerjaan 30-40 tenaga kerja yang selama ini diberdayakan.

Pemberdayaan tenaga kerja ini dapat terhindari dari aktifitas negatif selama ini tertanggulangi. “Rata-rata pekerja di pasar malam adalah remaja pengangguran yang tak terarah, ” ujar Thamrin, salah satu pengelola pasar malam.

Diakui oleh Thamrin, tenaga kerja yang dipekerjakan upaya mengarahkan remaja putus sekolah agar terhindar dari hal-hal negatif. “Alhamdulillah, anak-anak yang bekerja di pasar malam bisa terarah dan terhindar dari pergaulan negatif di lingkungan masyarakat, minimal tidak menjadi beban keluarga, ‘ tambah Thamrin, tokoh pemuda di Rappokalling.

Diakui Thamrin. sebelum diberdayakan dengan kegiatan pasar malam beberapa anak muda yang selama ini dikenal tak jarang mempergunakan lem fox sebagai pelarian untuk menemukan ketenangan sesaat kini tak lagi mengulangi perbuatannya. Ini saya bisa garansi. ujar Thamrin lagi.

Ia menambahkan, selain remaja putus sekolah yang salah arah dengan kebiasaan buruk mengisap lem, ada juga beberapa remaja dipekerjakan memiliki kegemaran balap liar kini konsentrasi bekerja pada malam hari.

Sementara Mustika Harus, pengelola pasar malam di Manuruki 6 mengakui jika kegiatan pasar malam di lokasinya berdampak pada peningkatan UKM pedagang dengan meningkatnya jumlah pembeli dan pengunjung di pasar malam dengan berbagai pilihan produk sandang dan hiburan.

Beberapa hal positif kegiatan pasar malam ini diharap mendapat apresiasi sebagai upaya pembinaan usaha kecil dan memanfaatkan dan menyalurkan sumber daya remaja pengangguran yang selama ini tak diberdayakan. (syam-has)

Komentar

News Feed