oleh

328 Desa Di Kabupaten Bone Terapkan Aplikasi Siskeudes

-Daerah-1.730 views

BONE | Guna meningkatkan potensi sumber daya manusia melalui pengelolaan Alokasi Anggaran Desa (ADD+DD) , pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  telah melaksanakan Bimtek kepada seluruh Desa se kabupaten Bone .

“328 Desa telah mengikuti pelatihan Aplikasi Siskeudes secara serempak dimakasar sejak tahun 2017 dan hal ini akan diimplementasikan tahun 2018 dan tak lagi ada alasan desa tidak menggunakan aplikasi tersebut.karena mereka sudah mengetahui sistemnya “ujar Kadis DPMD Kab. Bone kepada Matarkyatku.com  saat di sambangi di ruang kerjanya .

Dikatakannya,  Kabupaten Bone satu-satunya daerah di Sulsel yang mengikutkan seluruh desanya Bimtek dan tuntas saat itu juga. Lima Admin dipunyai DPMD semuanya dari Dinas pemberdayaan, siap melatih para Bendahara dan Operator saat program desa akan berjalan.

Selama tiga hari DPMD Bone mengadakan koneksitas aplikasi Siskeudes kepada masing–masing desa  yakni bendahara beserta bidang Pemdes  yang menangani hal itu mulai mengajarkan apa dibutuhkandesa dalam rangka pengimputan data.

Apabila Siskeudes diterapkan secara optimal dapat mempermudah pengelolaan administrasi laporan keuangan desa LPJ .APBdesnya juga terukur penggunaannya tinggal.dikoneksikan saja di komputer karena hal ini online.jadi tidak susah untuk menerapkannya.

Desa harus diajar lebih mahir menggunakan komputer dan apabila ada kendala saat pengimputan siskeudes maka kami siap stanbay mengajarkannya, ujar Mubarak,  Kasi Keuangan Desa. “Pokoknya datang saja ke dinas PMD. kita tetap berkoordinasi dengan pihak BPKP dalam hal tata cara pengelolaan keuangan desa agar lebih baik pengadministrasiannya,” tambanya.

Andi Arsyad Lantara berharap semua desa tahu penggunaan aplikasi siskeudes termasuk cara pelaporan,pengelolaan dana desa .pungkasnya ” (ani hasan)

Komentar

News Feed