oleh

Begini Gaya Pengurus JOIN Bone Rajut Kemitraan

-Daerah-1.275 views

BONE |  DPD Join Bone di ketuai Nisrandiali menggelar Audence dengan Pjs Bupati Bone Haji Andi Bakti Haruni di Kafe Seven Break. Kongkow-kongkow berlangsung dengan suasana familiar dihadiri sejumlah media online yang tergabung dalam wadah Jurnalist Online (7/3)

Audience dirangkai dalam suasan ningki-nongki  ini dilakukan untuk memperkenalkan JOIN  ke pemerintah daerah sekaligus rencana pengukuhanya nanti.

Menurut Melky selaku sekertaris DPD Join Bone saat di konfirmasi Matarakyatku.com bahwa kehadiran Join tidak terlepas dari perannya sebagai sosial kontrol yang termaktub dalam UU PERS 1999 serta menjunjung kode etik jurnalist”

Menyoal kemitraan dengan eksekutif, legislatif, yudikatif  jangan di artikan sempit, kemitraan dalam hal ini luas cakupannya ” ungkap Melki gamblang . Sementara Latif Nudju, wakil ketua Join menambahkan, saat audence dengan Dandim “beliau mengatakan jangan ada perbedaan di antara media di kabupaten Bone, apakah media yang baru terbit maupun media yang sudah lama eksis sebab mereka tetap dalam satu intitusi yang di lindungi Undang-undang pers dengan tujuan yang sama” terangnya ”

Bincang-bincang lepas Pjs  Bupati H.’Andi Bakti Haruni dengan JOIN Bone, beliau dengan ramah menanyakan legalitas Join dan hal itu sudah di jawab Ketua JOIN Bine,Nisrandiali.

Andi Bakti menyampaikan, setidaknya media online bisa diterima di tengah-tengah masyarakat serta bagaimana membangun komunikasi yang apik antara pemerintah daerah dan Join, berjalan dinamis.

Media Online sebagai pengelola informasi kemudian di transformasikan kemasyarakat akan berita-berita aktual dan terpercaya. Walupun kadang muncul pemberitaan hoax, menurut Bakti Harumi itu bumbu- bumbunya medsos. “Selama masih bisa di toleransi, dan tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan publik, itulah dinamika apalagi Bone menjelang Pilkada tentunya peran media harus bersifat netral dalam hal ini tanpa memihak kesalah satu kandindat,.

Nah,  jata Bakti Harumi  yang perlu disini kita ekspos bagaimana Pilkada damai berjalan kondusif, aman, kemudian jalin kemitraan dengan pemerintah daerah mengangkat segala.potensi daerah baik dari sektor Sumber daya alam maupun sumber daya manusia, mengangkat program kerja pemerintah daerah yang sasarannya kemasyarakat.

Artinya, katanya lafi,  marilah berkompetisi dengan benar apalagi JOIN punya regulasi aturan di bawah naungan UU 40 tahun 1999 serta kode etik jurnalistik maka perlihatkanlah etika jurnalistik kita, di depan publik serta berkreasi dan berinovasi di dunia jurnalistik, yang tidak terlepas dari sosial kontrol.

Ia berjanji, pemerintah daerah harus transparan dalam hal menjalankan roda pemerintahan sesuai visi misi bupati dan daerah.

Di tempat  terpisah Join pun mendapat apresiasi positif Sekda Bone. Respin posituf ini diutarakan saat pengurus JOIN Bone menyambangi di ruang kerjanya. “Terima kasih telah menjalin kemitraan dan kami siap mendukung prigram kerja JOIN, ” ujar Surya Dharma Alu.

Surya Dhama Ali berharap agar JOIN berperan memberitakan hal positif dilakukan Pemkab Bone tapi  sosial kontrol juga tetap dilaksanakan jika pekerjaan SKPD yang belum maksimal tidak masalah dilakukan kroscek dilapangan dan konfirmasi sebelum di beritakan” paparnya, penuh simpati.

Ia menggaransi jika tak ada perbedaan dengan organisasi kewartawanan yang ada di kabupaten Bone. Kita satukan persepsi untuk membangun Bone ke depan sebab tanpa media, apapun yang dilakukan pemerintah daerah tidak akan diketahui oleh masyarakat luas. “Jadi peran media sangat membantu pemerintah daerah.tandasnya, ” urainya. (Ani Hasan)

Komentar

News Feed