oleh

LSM Forum Peduli Toraja Sorot Proyek Irigasi Jebol

-Daerah-1.407 views

TORUT. Terkait bencana yang menimpa sekitar 15 hektar sawah warga di perbatasan antara kecamatan sangalla utara, tana toraja dengan kecamatan sanggalangi, toraja utara, di lembang tumbang datu dengan lembang tallung penanian, sudah menjadi perhatian serius pemerintah untuk penanganan tersebut.

Dengan kejadian tersebut, sebagai tokoh pemuda dari kecamatan Sanggalangi yang berbatasan dengan kabupaten tana toraja dan sebagai aktivis LSM Forum Peduli Toraja, menyoroti sisi pekerjaan proyek tersebut, saat di hubungi via Whatsapp. Rabu (7/3/2018)

Menurut Y. Dakka, selaku ketua LSM Forum Peduli Toraja bahwa inilah akibat kalau sungai sudah sempit dan dangkal, kalau terjadi hujan deras maka air akan meluap dan kejadian ini jangan di lihat sebagai bencana tapi kwalitas irigasi pun juga harus diperhatikan.

“Jebolnya irigasi itu tdk bisa kita lihat sebagai sebuah bencana semata, harus di periksa mulai dari konsultan perencananya sampai kepada PPK dan terutama pihak ke 3 atau rekanan yang mengerjakannya”, papar Dakka.

Ditambahkannya bahwa apakah memang proyek irigasi tersebut sesuai dengan gambar, secara teknis kekuatan dinding irigasi itu sudah dihitung matang oleh konsultan perencana, apalagi pekerjaannya baru selesai tahun lalu kok bisa langsung jebol.

“Saya hanya mau sampaikan kepada semua pihak yang terkait agar melaksanakan tanggung jawabnya, sawah yang dirusak akibat jebolnya irigasi itu perlu di perbaiki kembali apalagi masih ada alat berat dilokasi kejadian”, jelas Dakka.

Intinya semua pihak yang terkait akan kejadian tersebut harus bertanggung jawab, baik itu pemerintah maupun swasta, kunci ketua LSM Forum Peduli Toraja tersebut. (wildan)

Komentar

News Feed