oleh

Berdiri Tanpa Andalalin “Bintang” Biang Kemacetan

-Metro-1.281 views

MAKASSAR | Keberadaan toko Bintang, penjual asesoris handphone di Jl. Veteran Makassar, dinilai sumber kemacetan. Pembangunannya ditengarai tak memiliki Analisa Dampak Lalu Lintas.

Posis toko Bintang berada di posisi jalan nasional dan dekat pada bukaan Jl. Veteran maka seharusnya Pemkot Makassar sebelum menerbitkan IMB harus melampirkan dokumen. Seperti beberapa bangunan yang diwajibkan memiliki rekomendasi Andalalin dari Kementerian Perhubungan, tidak diindahkan.

Beberapa contoh seperti Giant Pettarani, Bintang di Jl. Perintis, diduga kuat tak memiliki syarat yang ditentukan oleh UU No. 22/2009 tentang LLAJ dan beberapa regulasi lain.

Kejadian ini telah berlangsung lama sejak IMB diterbitkan DRTB Kota Makassar, tak jelas apakah tidak tau atau sengaja tak mengindahkan Andallin.

“Betul, saya yang teken tapi prosedurnya dari DRTB. Sekarang tak akan terjadi IMB keluar tanpa Andalalin pada bangunan dan kompleks yang disyaratkan,” ujar A.Bukti Jufri, Kepala PM dan PTSP Kota Makassar.

Kembali ke soal kemacetan di Bintang Jl. Veteran memantik gerutu pengguna jalan. Ini disebabkan pengunjung terkadang mempergunakan badan jalan sebagai tempat parkir, posisi bangunan juga berada pada bukan jalan. “Instansi terkait harus menghentikan aktifitas sebelum memiliki Amdalalin,” ujar Irvan, pengguna jalan yang juga dosen sebuah PTS. (Luna)

Komentar

News Feed