oleh

1.800 Perwira Pelaut Akan Taklukkan Tujuh Samudera

-Metro-2.324 views

MAKASSAR | Kepala BPSDM Kementerian Perhubungan RI Dr Djoko Sasono M.Sc. melantik 1.800 putra putri terbaik Indonesia yang siap mengarungi samudera. Perwira perwira pelaut yang berasal dari dua tempat Penggodokan yakni BP2IP Barombong dan PIP Makassar sebagian besar didominasi oleh putra putri Sulawesi selatan sebagai wisudawan terbaik.(23/3) di pelabuhan Untia.

Rangkaian kegiatan diawali laporan Durektur PIP Bapak H. Irwan, M.Pd.,M.Mar.E…dan Direktur BP2IP Barombong H.Marsudi Rofiq, M.Mar.E
Hadir dalam jajaran undangan adalah jajaran eselon 2 Ditjen Perhubungan Laut, Jajaran Pejabat BPSDM Kemenhub RI dan para pimpinan organisasi vertikal kemenhub di Sulsel serta Jajaran pejabat lingkup pemerintah daerah dan TNI, Polri.

Sebagai simbol kebesaran dan kekayaan pelaut pelaut ulung para wisudawan terbaik mendapat percikan Tirta Arnawa Nusantara yang dibawa oleh perahu sekoci yang diambil dari laut samudra.
Tirta Arnawa Samudra adalah bahasa Sansekerta yang berarti Air laut samudera yang merupakan tradisi di setiap pelantikan perwira perwira yang khusus dipercikkan kepada wisudawan terbaik dengan harapan kelak akan menjadi pelaut ulung mengarungi samudera dunia dengan membawa lambang kebesaran pelaut Indonesia sperti bait lagu “ Nenek moyangku seorang pelaut”

Perwira pelayaran niaga memiliki tanggung jawab moral yang akan mnjadi panutan baik dalam LIngkunah kerja maupun lunbkuma masyarakat.

0Penerapan kebijakan pemerintah dan kebijakan konvensi internasional dalam melaksanakan tugas dibutuhkan dedikasi dan disiplin yang kuat dalam membawa nama baik bangsa dan negara.

Peluang kebutuhan perwira pelayaran niaga saat ini jangan menjadi jumawa dan mengelola tempat pendidikan hanya sekedar Pemenuhan kuantitas semata tapi lebih pada bagaiman kita terus meningkatkan kualitas sebagai bukti nyata kita terhadap dunia kemaritiman untuk mendukung kebutuhan saat ini.

Saat ini kementerian perhubungan sudah memberikan kapal Latih Sultan Hasanuddin. Ini merupakan bukti bahwa negara hadir dan mendukung penuh tempat penggodokan putra putra terbaik untuk menjadi perwira pelayaran niaga. Dalam Acara ini ikut berbahagia dan di hadiri oleh orang tua keluarga dan tamu wisudawan kurang lebih 5.000 orang.(bvh)

Komentar

News Feed