oleh

Pose Sambil “Injak Tengkorak”Kena Sanksi Hukum Adat Toraja

-Daerah-3.457 views

Matarakyatmu | Ketiga pelaku yang sempat viral di media sosial pekan lalu, dengan tindakan pose “Injak Tengkorak” di Objek Wisata Ke’te’ Kesu’ Kabupaten Toraja Utara, kini kembali ke lokasi objek tersebut, Senin (23/03).

Didampingi oleh Forum Pemerhati Budaya Toraja, ketiganya mendatangi pemangku adat setempat yang juga merupakan Ketua Yayasan Tongkonan Ke’te’ Kesu’.

Dikatakan telah melanggar hukum adat, Ketua Yayasan Tongkonan, Ambe’ Layuk Sarung Allo mengatakan, bahwa tindakan tersebut tidak memiliki etika dan akan dikenakan sanksi hukum adat Toraja yang paling ringan.

Sampai berita ini diturunkan, ketiga pelaku masih melakukan permohonan maaf secara langsung di makam tempat ketiganya lakukan aksi pose tersebut, dengan membawa sesajian sirih.

Diketahui ritual hukum adat Toraja ini, masih akan dilanjutkan esok hari dengan pemotongan kurban sembelihan yang akan disaksikan oleh pemangku adat setempat.
UPDATE KASUS PENISTAAN BUDAYA.

Permohonan maaf Khi kie dan Randy yg viral beberapa hari terakhir karena foto mereka yg di nilai melecehkan budaya Toraja di objek wisata Kete’ Kesu.

Foto: Pelaku lecehkan Adat Toraja

Kronologis, pada Hari minggu 18/3/2018. disaat mereka berada di tanah toraja mereka bermain postingngan foto yang tidak etis untuk di postingkan di Media sosial karena mengundang kemarahan tanah leluhur keluarga besar Toraja.

Sanksi adat yang di jatuhkan oleh pemangku adat adalah memotong 1 ekor Babi dan melakukan prosesi permintaan maaf di makam tempat mereka berfoto.

Pertimbangan Pemangku adat memberi sanksi paling ringan karena ketidak tahuan mereka tentang adat Toraja,  dan menurut para Pemangku Adat itu adalah sanksi yg paling bijaksana dan menjadi kesepakatan para Pemangku Adat Kete’Kesu.

Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih bisa menghargai adat budaya suatu daerah.

Dan kepada seluruh semoga bisa memaafkan mereka dan tidak lagi menyimpan rasa kecewa apalagi amarah kepada mereka.
(Kris)

Komentar

News Feed