oleh

Sah! Lawan “Kotak Kosong”, Ini Harus Dilakukan Tim Appi

-Politik-2.135 views

MAKASSAR, Analisan pakar hukum dan upaya hukum kasasi KPU Makassar akhirnya terbantahkan oleh putusan Majelis Hakim Mahkama Agung soal sengketa pencalonan pasangan DIAmi. Appi-Cicu seng ada lawan di Pilwalkot Makassar.

Usai gugatan Appi-Cicu dikabulkab PT TUN kemudian KPU berharap peluang MA membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha sehingga langkah pasangan calon Moh Ramdhan Danny Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) untuk tetap melaju di Pilwalkot Makassar.

Prediksi awal beberapa pakar hukum adanya kekeliruan dalam penerapan hukum yang dilakukan oleh PTTUN. Mereka berdasarkan Peraturan MA (Perma) Nomor 11 Tahun 2016, PTTUN sudah melakukan pelanggaran karena mengadili sengketa yang bukan kewenangannya.

Di  pasal 15 disebutkan bahwa yang berhak memohon ke sengketa TUN adalah yang pihak dirugikan atau calon tidak diloloskan oleh KPU. Tidak ada legal standing Appi-Cicu untuk menuntut ke PT TUN karena mereka tidak dirugikan oleh keputusan KPU.

Mappinawang, mantan Ketua KPU Sulsel salah satu pakar kepemiluan menjelaskan, selain keliru memproses sengketa yang bukan kewenangannya, hakim PTTUN juga telah melakukan pelanggaran karena tidak melibatkan DIAmi sebagai pihak intervensi.

Mappinawang boleh saja berkoar namun beda pendapat hukum justeru diperagakan TUN terutama PT TUN  tetap memberi ruang bagi pihak yang dirugikan untuk melakukan pembelaan sebagai pihak intervensi, baik itu atas inisiatif sendiri, dilibatkan oleh pihak yang bersengketa, atau dilibatkan oleh disentif.

Jelang putusan MA, eskalasi politik di Makassar akan sangat bergantung pada keputusan diterima atau ditolaknya kasasi KPU oleh MA. Dampaknya dinilai bisa membuat Makassar menjadi panas.

Akhirnya, putusan putusan kasasi yang dibacakan siang ini, pasangan DIAmi didiskualifikasi oleh MA. Banyak pihak berharap tidak ada jaminan Appi-Cicu bisa menang melawan kotak kosong nantinya. Mengingat koalisi rakyat yang mengusung DIAmi tentu akan antipati terhadap Appi-Cicu.

Appi-Cicu tak bisa senang dulu setelah MA memenangkan putusan PT TUN dan menolak kasasi KPU sebab elit dan tim pemenangan harus habis-habisan meyakinkan pemilih agar datang mencoblos di TPS. (Santi-Wanda)

Komentar

News Feed