oleh

Miris, Tak Satupun Kepala Desa di Takalar Cair Dana Desanya

-Daerah-2.588 views

TAKALAR – Sebanyak 76 Kepala Desa, yang ada di Kabupaten Takalar belum ada yang berhasil mencairkan dana desanya. Padahal dananya itu sudah siap, untuk dicairkan pada tahap pertama sebesar 20% sebesar Rp.14 milyar.

Sejak Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar (BPKD), H.Saripuddin, menyampaikan, dana desa sudah siap dicairkan pada (20/3) hingga kini, tak satupun Kepala Desa bisa mencairkan dananya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Takalar, H. Andi Guntur Hakim, yang dikonfirmasi oleh media online matarakyatmu.com membenarkan bahwa semua Kepala Desa yang ada di kabupaten Takalar belum ada yang cair dananya.

“Saya juga tidak tahu, kenapa sampai sekarang belum cair dana desanya. Coba tanyakan saja pada Kepala desanya atau BPD, karena pihak kami di sini hanya pengawasan saja,” jelas Guntur, Rabu (9/5/2018).

BPD itu memiliki peran tersendiri dalam proses penyusunan APBDesa, yaitu membahas bersama dalam rangka memperoleh persetujuan bersama.

Dan juga berperan untuk menyetujui dan menetapkan anggaran serta melakukan pengawasan proses penyusunan dan implementasi APBDesa.

“Jadi kalau Kepala Desa belum selesai APBDesanya dan belum disetujui oleh BPD maka belum bisa dicairkan dana desanya,” terang Guntur

Padahal ini sudah bulan Mei, dan sudah masuk pada tahap ke dua. Tetapi belum ada satupun Kepala desa yang mencairkan dana desanya pada tahap pertama.

Untuk Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018, itu sudah selesai.

“Tinggal Kepala Desa saja, yang harus menyelesaikan APBDesa, tapi kalau mau lebih jelasnya kroscek saja langsung di lapangan. Supaya diketahui apa yang menjadi kendala di setiap desa,” kuncinya (Shanty)

Komentar

News Feed