oleh

Kepala UPTD Pertanian Pulau Tanakeke Aktif Melakukan Bimbingan

-Daerah-2.040 views

TAKALAR – Untuk menjadikan petani dan kelompok tani yang kreatif, inovatif, dan mandiri yang bisa meningkatkan kesejahteraan.

Kepala UPTD pertanian kawasan Pulau Tanakeke, Kabupaten Takalar, Supriyadi Temba, terus melakukan pelaksanaan bimbingan dan pembinaan teknis tanaman padi, palawija dan hortikultura kepada penyuluh dan petani.

“Khususnya dengan melakukan pengembangan jagung dan kacang tanah bersama PPL dan Babinsa,” ujarnya Selasa (15/5/2018)

Supriyadi Temba mengatakan kelompok tani yang ada di pulau Tanakeke itu, intens dilakukan sosialisasi baik itu melalui perkelompok maupun secara persuasif.

“Tetapi masyarakat yang terdiri dari 5 desa ini, lebih kepada persuasif pendekatannya. Karena lebih mengerti dan paham apabila secara persuasif,” jelas Supriyadi.

Untuk tahun 2018, katanya, petani di Pulau Tanakeke sudah mendapatkan bantuan sebanyak 300 kilo bibit jagung dengan lahan seluas 20 hektar.

“Dan masih ada lagi, bibit kacang tanah dari Provinsi, sekarang ini kami masih menunggu,” ucapnya.

Dengan PPL sebanyak 4 orang dan staf 1 orang, serta 28 kelompok tani yang ada di pulau tanakeke.

“Masih ada kendala yang dihadapi, yaitu belum adanya sarana untuk PPL untuk digunakan ke desa- desa. Selama ini mereka memakai kendaraan sendiri,” paparnya yang sudah 5 tahun menjadi Kepala UPTD kawasan Pulau Tanakeke.

Berharap kedepannya kepada Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat bisa mendukung kelompok tani yang ada di Pulau Tanakeke.

“Supaya program pengembangan jagung bisa terwujud pencapaian produksi pertanian tanaman pangan menuju swasembada dan optimalisasi sentra hortikultura,” pungkasnya. (Shanty)

Komentar

News Feed