oleh

Ketua DPR RI Diperiksa KPK, Ini Penyebabnya

JAKARTA | Ketua DPR RI,  Bambang Susatya,  hari ini dijadualkan akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  untuk kepentingan penyidikan kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, hari ini (4/6)

Mantan jurnalis itu akan dimintai keterangannya sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan pengusaha Made Oka Masagung. 

Selain memeriksa Bamsoet, nampaknya penyidik KPK juga bakal memanggil sejumlah anggota dewan sebagai saksi kasus korupsi e-KTP sepanjang pekan ini. KPK memastikan pihaknya terus mengusut kasus yang telah menjerat mantan Ketua DPR Setya Novanto itu.

Surat panggilan terhadap Bamsoet dan anggota DPR lainnya telah dikirim karena itu KPK berharap Bamsoet dan anggota dewan tersebut memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus korupsi e-KTP. 

“Jadi kami harap saksi-saksi yang dipanggil memberikan contoh baik dan hadir memenuhi kewajiban hukum tersebut,” tuturnya juru bicara KPK Febri

Menurut Febri, penyidik KPK membutuhkan keterangan Bamsoet dan anggota DPR lainnya untuk mengonfirmasi soal aliran uang maupun proses penganggaran proyek e-KTP yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. Namun Febri belum mau bicara lebih lanjut terkait materi pemeriksaan mereka. 

Sebelumnya, Bamsoet pernah dipanggil pada pertengahan Desember 2017 lalu. Namun mantan Ketua Komisi III itu mangkir lantaran tengah mengikuti kegiatan partai. Kala itu, Bamsoet bakal diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo. (nl) 

Komentar

News Feed