oleh

Innalillaah, Sombayya ri Gowa Wafat

-Aneka-4.711 views

GOWA | Kabar duka menyeruak seantero Nusantara terurama di kalangan kerajaan,  kesultanan dan kedatuan setelah beredar kabar Andi Maddusila Andi Idjo,  sombayya ri Gowa wafat hari ini di RS Ibu dan Anak Bahagia,  kompleks BTN Minasa Upa,  Makassar.

Andi Maddusila Andi Idjo (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Juli 1950; umur 64 tahun) biasa di panggil Patta Nyonri adalah seorang anak pertama dari ketururunan Raja Gowa ke 36, Andi Idjo Daeng Mattawang Karaeng Lalolang Sultan Muhammad Abdul Kadir Aidudin

Andi Maddusila dinobatkan sebagai Raja Gowa oleh Sekretaris Jenderal Forum Keraton se Nusantara, Gunarso G. Kusumodiningrat pada Senin, 17 Januari 2011 sekitar pukul 15.00 Wita bertempat di Perumahan Megasari Jalan Jipang Raya, Makassar.

Saat ritual penobatan Raja, disaksikan sekitar 300 orang dan dihadiri keturunan raja-raja dari berbagai daerah. Di antaranya Bate Salapang Takalar, Tallo, serta Bate Salapang Gowa seperti Tombolo, Lakiung, Parang-parang, dan Akangje’ne.

Maddusila resmi sebagai Raja Gowa ke-37 dengan gelar Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka bergelar Sultan Alauddin II. Innalillahi wa Inna Ilahi Rojiun. (Demmank)

Komentar

News Feed