oleh

Kapok, Aniaya Ketua AJI Palu Diperiksa Propam

PALU | Kasus penganiayaan terhadap Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI)  Palu berbuntut panjang.  Kanit Binmas Polswk Palu Timur,  Polda Sulteng,  diperiksa Bidang Propam.

Pemeriksaan terhadap Ipda PRD  berkaitan laporan Ketua Asosiasi Jurnalis Independen Kota Palu Nomor :STPL/65/VI/2018 telah ditindak lanjuti Propam Polda Sulteng. 

Sejumlah saksi terkait kasus pelanggarang berupa intimidasi dan acaman penganiayaan terhadap Muhammad Iqbal,Pamred Radar TV yang juga menjabat sebagai Ketua AJI kota Palu pada saat kegiatan Razia yang dilaksanakan Polsek Palu Timur Polres Palu pada hari Sabtu tanggal 23 Juni 2018 di depan Pura jalan Jabal Nur 

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs.Ermi Widyatmo,  MM dalam arahan pelaksanaan apel pagi pada hari Senin tanggal 25 Juni 2018 sangat menyangkan kejadian tersebut. Sebab,  saat ini tingkat elektabilitas dan kepercayaan publik kepada Polri semakin meningkat seiring prestasi yang diraih harus tercoreng dengan kejadian ini,

Proses hukum terhadap yang bersangkutan tetap dilanjutkan secara profesional, transparan dan akuntabel sesuai peraturan yang berlaku namun tetap menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah. Yang bersangkutan dan Saksi sedang menjalani proses pemeriksaan oleh Bidpropam Polda Sulteng.

“Saya perintahkan kepada seluruh anggota Polri Polda Sulteng dalam melaksanakan tugas baik itu pelayanan maupun penegakan hukum agar sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, bersikap humanis dan tidak over acting apalagi arogan” tegas Kapolda Sulteng.

Kabidhumas Polda Sulteng Akbp Hery Murwono, SST, MK kembali menegaskan atas nama Kesatuan memohon maaf atas prilaku anggotanya dilapangan dan berjanji bahwa siapapun yang terlibat akan diperiksa.

Terrkait dengan kasus tersebut diatas Bidang Propam akan bekerja cepat untuk memastikan bahwa perkara tersebut merupakan bentuk pelanggaran disiplin atau pelanggaran kode etik profesi Polri,  “Penyidik pasti akan memberitahukan perkembangan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan kepada pihak pelapor atau korban,” ujarnya.

Lanjut dikatakan,  harapan kami tentunya dengan kejadian ini jangan menjadi renggang hubungan silaturahmi yang sudah terbina selama ini antara wartawan dengan Polda Sulawesi Tengah, bila ada anak kami yang berbuat salah maka sudah sepantasnya dilakukan pembinaan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Ia katakan,  jangan prilaku yang kurang pantas segelintir oknum anggota Polda Sulteng merusak hubungan kemitraan yang sudah terbina baik selama ini, apalagi saat ini Polri terus berupaya membangun dan menjaga Kepercayaan Publik, tegas Kabid Kabidhumas Polda Sulteng.

Ditempat terpisah Kapala Bidang Propam Polda Sulteng AKBP H.Amin Litarso ,SH yang ditemui beberapa Media menjelaskan bahwa anggotanya sudah diperintahkan untuk melakukan pemeriksaan kepada beberapa saksi diantaranya Kanit Intel Polsek Palu Timur dan terduga terlapor,serta berjanji akan memproses secepatnya sesuai dengan aturan yang berlaku. (AB)

Komentar

News Feed