oleh

Karang Taruna Muda Mandiri Gelar Festival Budaya

Bima- Dalam rangka memperingati hut kabupaten Bima ke 378, yang jatuh pada tanggal 4 Juli lalu, organisasi kepemudaan, Karang Taruna Muda Mandiri desa Kombo menggelar festival budaya bertajuk “Kambali Mbojo Mantoi” (9-10/07/18).

Kegiatan yang dicanangkan selama dua hari (Senen-Selasa) ini sukses menarik perhatian masyarakat banyak. Pasalnya, tiga item yang dilombakan dalam kegiatan ini sangat digemari oleh masyarakat. Seperti lomba hadrah, patu cambe (pantun), dan juga rimpu.

“Dengan kegiatan seperti ini, kami ingin mengigatkan dan memberi pemahaman kembali kepada masyarakat akan nila-nilai luhur budaya yang ada, agar kedepannya, masyarakat kita semakin peduli lagi pada budaya lokal daerah,” jelas Ruslin selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan.

Lebih lanjut, Ruslin mengungkapkan kecemasannya akan modernisasi budaya yang kian mempengaruhi kebudayaan lokal yang ada.

“Kegiatan ini dikonsepkan untuk memberi hormat kepada para leluhur, serta mengajak masyarakat desa, Kombo khususnya, untuk tetap bisa melestarikan kebudayaan yg ada, agar tidak tercederai dengan kebudayan-kebudayaan lain,” Lanjutnya.

Ruslin berharap, dengan kegiatan ini, kaum muda bisa melestarikan dan mengapresiasi nilai-nilai budaya yang ada. Mencintai peninggalan sejarah dan menyaring kultur budaya agar tidak terkontaminasi.

Dilain sisi, sekretaris desa Kombo, Suhardin, mengaku begitu bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif seperti ini.

“Kegitan seperti ini bagus untuk dilaksanakan agar generasi muda kita benar-benar bisa mengenal budaya daerah. Dan juga, Kami berterima kasih kepada genersi muda Kombo yang tergabung dalam Karang Taruna Muda Mandiri karena telah mampu melaksanakan kgiatan ini dengan baik, meskipun dengan beberapa keterbatasan yang ada.” Imbuhnya.

Suhardin, yang juga merupakan ketua (demisioner) Karang Taruna Muda Mandiri (2013-2015) ini berharap, dengan adanya festival budaya seperti ini bisa membuat seluruh anggota Karang Taruna Muda Mandiri semakin solid dan kreatif.

Dan kegiatan semacam ini lebih ditingkatkan lagi.”Untuk persoalan dana dan sebgainya, insyaallah kami selalu siap.” Tutupnya.

(Irna)

Komentar

News Feed