oleh

Begini Dilakukan SMP 1 Barombong Kejar Target Adiwiyata

GOWA- SMP Negeri 1 Barombong, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa akan menuju Sekolah Adiwiyata di tahun 2018. Adiwiyata yang merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Sehingga SMP Negeri 1 Barombong akan siap menghadapi Sekolah Adiwiyata dan secara optimal akan memperbaiki semua sarana dan prasarana yang ada di SMPN 1 Barombong.

Saat dikonfirmasi Kepala SMP Negeri 1 Barombong, Hartati, terkait dengan kesiapannya, dia mengatakan sudah siap, hanya masih ada yang perlu dilengkapi dan dibenahi.

“Pada bulan 5 kemarin, SMPN 1 Barombong ditunjuk langsung oleh Kabupaten untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata. Jadi sekolah kami sudah terdaftar untuk mengikuti perlombaan tingkat kabupaten,” paparnya. Rabu (11/7/2018)

Hartati juga menyampaikan bahwa program Adiwiyata itu sangat bagus sekali, karena untuk membuat sekolah menjadi nyaman dan siswa juga merasa nyaman di lingkungan sekolah.

“Kami sudah melakukan pembenahan diantaranya pencatan di dalam ruang kelas dengan berbeda warna, dan juga di luar kelas, ruang guru, serta pagar sekolah kami juga sudah cat,,”ungkapnya.

Selain itu pembelian barang juga ada kursi sebanyak 4 lusin setengah, untuk di ruang guru, kelas dan tata usaha.

Katanya sumber dana untuk pemeliharaan dan pembelian barang itu, sudah ada pada Dana BOS. Sehingga secara bertahap bisa dilengkapi dan dibeli semua perlengkapan sekolah.

Tak tanggung- tanggung, lapangan upacara yang tadinya sering banjir apabila hujan, sampai di betis dewasa, kini juga sudah ditimbun dan di paving blok oleh Kepala SMPN 1 Barombong.

“Saat ini untuk melengkapi salah satu persyaratan program Adiwiyata, kami akan mengadakan green house, tempat sampah, kebun sekolah, Toga, bank sampah, karena tim penilai akan datang pada bulan Agustus nanti,”jelas Hartati.

Harapan kedepan mudah- mudahan SMPN 1 Barombong bisa menjadi smart school, siswa yang berkarakter dan bisa diterima oleh masyarakat di manapun berada.

“Kami juga di sini, terapkan Shalat Dhuha dan Tadarus dan ini menjadi agenda wajib di SMP Negeri 1 Barombong. Sebelum proses belajar mengajar, guru dan siswa melakukan shalat dhuha dan tadarus bersama agar perilaku anak menjadi manusia yang memiliki akhlak mulia dan moral yang baik,” tandasnya. (Shanty)

Komentar

News Feed