oleh

Dari Desa Mahasiswa KKN Unhas Inspirasi Pemuda

BANTAENG | Seminar Kepemudaan dengan tema “Dari Desa, Kita Menginspirasi” berlangsung di Aula Kantor Desa Bonto Majannang, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng, Ahad (15/7/18).

Kegiatan yang dihadiri oleh 51 pemuda tersebut terlaksana atas kerjasama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin penempatan Desa Bonto Majannang dengan TBM Paladang dan Ikatan Pemuda Peduli Rakyat Indonesia (IPPRI).

Selain mengundang Drs, Muhammad Haris, M.Si, Sekretaris Dispora Kabupaten Bantaeng sebagai narasumber, seminar tersebut juga menghadirkan Nursandrawali Gosul dari BEM FISIP Unhas, Hendra Hermawan, S.Pd., Gr, Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri di Malaysia dan Islahuddin, berserta Ketua DPC IPRI Bantaeng.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bonto Majannang, Abdul Hafid, mengaku begitu bahagia dan bangga dengan diadakannya kegiatan-kegiatan positif seperti ini, guna membangun dan mengembangkan karakter yang baik dalam diri pemuda.

“Kami mengharapkan agar pemuda-pemuda kita terus belajar dan senantiasa mengembangkan karakter-karakter yang baik. Termasuk iman, ikhlas dan juga semangatnya,” Ungkapnya.

0Disamping itu, Sekretaris Dispora Bantaeng, Muhammad Haris, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, penanganan masalah dan potensi pemuda sebagai salah satu tolok ukur kemajuan bangsa di era melanial harus dilakukan secara holistik oleh seluruh stakeholder, sehingga ekspektasi akan generasi emas benar benar bisa terwujud.

“Andaikata hal tersebut terlaksana, bisa jadi, pemuda-pemuda seperti juara dunia lari 100 meter U-20, Lalu Muhammad Zohri, tidak lagi lahir satu persatu tapi bisa berombongan,” Ungkapnya sembari menyinggung karakter pemuda yang mesti dibangun lewat kebudayaan yang ada.

Adapun Nursandrawali Gosul, membahas tentang problem yang sedang dihadapi generasi sedangkan Hendra Hermawan dan Islahuddin masing-masing membicarakan perihal menjadi pemuda yang inspiratif dan pentingnya komunitas di kalangan pemuda.

“Jika pemuda bisa mengembangkan pemahamannya dengan baik, maka yang dilakukannya adalah hal-hal baik pula. Namun pehamaman yang baik tersebut hanya bisa diperoleh lewat pendidikan. Tidak hanya lewat sekolah, tapi bisa juga pendidikan dalam keluarga dan lingkungan masyarakat,” Sambung Hendra Hermawan dalam penyampaianya.

Selanjutnya, Kordes KKN Desa Bonto Majannang, Mannawa Faraby, berharap agar seminar ini, mampu mendorong pemuda agar lebih semangat dan inspiratif dalam membangun desa.

“Melalui seminar ini, semoga bisa mendorong pemuda agar lebih inspiratif sehingga dapat membangun desa secara mandiri.”  Tutupnya. (ii)

Komentar

News Feed