oleh

Kafilah CJH Gowa Dilepas di Masjid Quba Sudiang

MAKASSAR – Sebanyak 281 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Gowa embarkasi Makassar, dilepas Bupati Gowa, Adnan Puruchta Ichsan, di Masjid Quba Asrama Haji Sudiang, Kamis (19/7) pagi.

Adnan dalam kata sambutannya, pelepasan jemaah haji yang dilakukan merupakan jemaah untuk kloter 5 asal Kab Gowa dan Kab Barru yang akan diberangkatkan esok hari. “Pelepasan hari ini adalah sebuah rangkaian akhir untuk kami serahkan kepada embarkasi Makassar dengan harapan seluruh JCH dilimpahkan kesehatan, perjalanan selama, dan dapat kembali ke rumah masing-masing untuk bertemu kembali semua sanak saudara,” ujarnya.

Diwaktu yang sama, dia juga berpesan untuk seluruh JCH dan pendamping agar tetap konsisten kebersamaan, menjaga kekompakan dan kemajuan yang dapat menjadi haji yang mabrur.

“JCH dan pendamping tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan, harus saling pengertian dengan ini bukan waktu yang singkat, ini membutuhkan waktu 42 hari, tentu membutuhkan saling pengertian, saling sayang, dan dapat dilakukan dengan baik,” pesan Adnan untuk seluruh JCH asal Gowa atau Barru.

Sementara itu, Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Kaswad Sartono, mengatakan tahun ini ada kebijakan pemerintah Arab Saudi yang berperilaku dengan pemerintah Indonesia yaitu ada tambahan kegiatan di asrama haji yang memakan waktu 4 jam yaitu mendapatkan sidik jari dan biometrik setiap jemaah.

“Pengambilan sidik jari dan biometrik ini berguna nanti di tanah suci di bawah dipesawat di bandara Madinah maka tinggal sidik jari dan distempel yang diperlihatkan, tidak lagi mesti di foto dan antrian panjang,” jelas Kaswad.

Untuk JCH asal Kabupaten Gowa terdiri dari tiga kelompok terbang Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar. Dari tiga kloter itu, masing-masing terbagi dalam kloter 5 depan 281 orang akan berangkat pada tanggal 20 juli 2018, kloter 06 depan 84 orang akan berangkat pada 21 Juli dan Kloter 28 tepat 248 orang akan berangkat pada 8 Agustus 2018 mendatang. (dm/santy)

Komentar

News Feed