oleh

Begini Kelakuan Kadis PUPR Gowa Saat Hendak Diklarifikasi Soal Proyek

-Daerah-2.332 views

GOWA- Beberapa paket pekerjaan tanpa identitas perusahaan sebagai pelaksan mendapat sorotan warga. Disayangkan sebab Kadis PUPR Gowa tutup pintu saat ingin diklarifikasi.

Kadis PUPR Gowa,  Ir. H. Mundoap, MSi,  saat hendak ditemui di kantornya untuk kepentingan klarifikasi tak bisa ditemui bahkan handphone dihubungi dalam keadaan aktif tak diangkat.

Kelakuan pejabat pelayan publik seperti ini sangat disesalkan sebab bisa menyumbat informasi yang sangat dibutuhkan. “Ini sikap buruk terkadang menyalahkan jurnalis padahal upaya klarifikasi telah dilakukan, ” ujar Herman Nompo,  Wakil Ketua JOIN Sulsel.

Seperti diberitakan beberapa papan proyek pada paket pekerjaan di OPD PUPR menjadi sorotan warga karena tak ada pencantuman nama perusahaan pemenang tender.

Salah satu contoh pekerjaan pengaspalan di jalan Sanrangan Tombolo, Desa Je’netallasa, Kecamatan Pallangga dengan anggaran Rp.1,3 milyar itu tidak tercantum nama pelaksananya.

Pun  proyek pekerjaan jalan pengaspalan di jalan Boronggara – Pencong di Desa Lembangloe, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa dengan nilai anggaran Rp.2,3 milyar juga tanpa ada nama pelaksananya yang kerja.

Ketua LSM L PACE, Hertasmin Daeng Gau, menilai terkait proyek jalan yang tidak mencantumkan nama pelaksananya itu sudah tidak mencerminkan sikap transparansi, sebagaimana yang telah diamanahkan dalam Undang-undang no 14 tahun 2008 tentang Transparansi Publik maupun fakta integritas pekerjaan, ujarnya Rabu (25/7/2018).

Hendaknya di papan proyek itu, nama pelaksananya yang kerja, sudah harus disertakan di lokasi sejak awal dimulainya kegiatan.

Sebab, kalau tidak ada nama pelaksananya di papan proyek, sama saja diduga proyek siluman.

Karena masyarakat, sekarang ini sudah makin cerdas dan banyak tahu terkait peran serta masyarakat dalam tindak pencegahan korupsi.

“Proyek pekerjaan jalan itu sumber anggarannya dari rakyat yang membayar pajak, jadi rakyat harus juga tahu,”geramnya. (Shanty)

Komentar

News Feed