oleh

Harmoni Kebhinekaan, Begini Pesan Kasdam Jaya

TANGSEL- Kebhinekaan bangsa Indonesia harus menjadi kekuatan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jangan hanya karena berbeda pandangan politik, menimbulkan konflik dan perpecahan di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi pesan utama Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Suharyanto, mewakili Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Jony Supriyanto, saat menjadi narasumber acara gelar harmoni dalam kebhinekaan, di UIN Syarif Hidayatullah,Ciputat, Kamis (26/7).

Menurut Suharyanto, kebhinekaan Indonesia seperti pedang bermata dua. Bisa menjadi satu kekuatan, namun dapat juga menjadi penyebab perpecahan bangsa.

“Faktor penyebab runtuhnya suatu bangsa yaitu, ketidakmampuan untuk mengelola diri dan sumber daya. Tidak konsisten terhadap kebijakan bersama yang dijadikan perekat kesatuan sejak awal. Serta adanya tekanan dan desakan dari pihak lain,” paparnya.

Terlebih, lanjut Suharyanto, jelang Pemilu Pilpres 2019. Potensi-potensi ‘gesekan’ antar pendukung calon ataupun partai politik mulai terlihat.

“Pada Pilpres 2019, akan ada kelompok massa tertentu yang mengusung ide-ide politik identitas yaitu yang membenarkan satu kelompok dan menyalahkan kelompok lain. Jangan sampai masyarakat tercerai berai karena berita-berita hoax yang menyesatkan,” sarannya.

Oleh karena itu, Suharyanto mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk Mahasiswa bersama-sama mewujudkan harmoni, menjalankan fungsi dan tugas masing-masing. “Sehingga ke depan Indonesia akan menjadi lebih baik,” tandasnya.

Sementara Rektor UIN Syarif Hidayatullah Professor Doktor Dede Rosada mengapresiasi acara yang diprakarsai Kodim 0506/Tgr. Karena mengajarkan wawasan kebangsaan kepada seluruh pelajar, dari SMP, SMA sederajat dan Mahasiswa.

“Kalau bisa volume pembelajaran seperti ini diselenggarakan secara rutin minimal tiga bulan sekali,” ucapnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Kav Agustinus Purboyo, Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Herry Kurniawan, Dandim 0506/Tangerang Letkol Inf MI Gogor AA dan Kapolres Tangsel AKBP Fredy Irawan.

Komentar

News Feed