oleh

Balitbangda Luwu Utara Gandeng BPTBA LIPI Yogyakarta Sosialisasi DPPT

Luwu Utara l Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Luwu Utara bekerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI Yogyakarta, menggelar acara Sosialisasi dan Diseminasi Pembuatan Pakan Ternak Berbasis Bahan Lokal di Aula Kantor Camat Mappedeceng kabupaten Luwu Utara, Senin 13 Agustus 2018

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utars Abdul Mahfud.

Abdul Mahfud dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BPTBA-LIPI Yogyakarta atas kesediaannya menjalin kerjasama dalam kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembuatan Pakan Ternak ( DPPT) Berbasis Bahan Lokal.

“Terimakasih atas dukungannya terhadap upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan produksi ternak di Kabupaten Luwu Utara melalui Sosialisasi dan Diseminasi ini,” ucap Sekda Mahfud.

Mahfud juga mengungkapkan bahwa saat ini di Luwu Utara telah dibangun dua buah ranch peternakan di Kecamatan Seko dan Masamba.

“dalam rangka memenuhi kebutuhan daging Nasional serta mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Ranch ternak nantinya akan dihuni sapi-sapi unggul yang tentunya membutuhkan pakan ternak yang menjadi asupan gizi bagi sapi-sapi unggul tersebut” tuturnya

“Dan Alhamdulillah, atas kerjasama dengan LIPI, Balitbangda melakukan bimbingan teknis ini dengan melatih para petugas peternakan bagaimana cara mengolah pakan ternak berbahan lokal dengan menggunakan metode Ensilase,” tambah Mahfud

Sementara sebelumnya, Kepala Balitbangda Bambang Irawan dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi dan diseminasi pengolahan pakan ternak dari bahan lokal adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat pakan ternak yang berkualitas.

“Dalam kegiatan ini, kita juga menjelaskan standar kebutuhan nutrisi ternak dan teknik formulasi ransum, ensilase pakan hijau dan amoniasi,” jelas Bambang. (Dedhy)

Komentar

News Feed