oleh

Ini Dilakukan Kemdikbud Untuk Pendampingan Anak Pasca Bencana

-Daerah-1.556 views

 

Lombok | Bertepatan dengan perayaan HUT RI yang ke 73, Tim utusan Kemdikbud melaksanakan kegiatan di tiga tempat pengungsian yang ada di pulau Lombok, Jumat, (17/8/2018).
Ketiga tempat tersebut masing-masing terletak di posko alun-alun kantor bupati Lombok Utara, Posko Pemenang, dan halaman SDN 1 Mambalan.

Tim yang akan menghibur warga melalui kegiatan mendongeng ini dibawakan oleh pendongeng nasional, Rona Mentari. Juga kegiatan _read aloud_ (membaca nyaring) yang dibawakan oleh Roosie Setiawan dari tim Satgas Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kemdikbud.

Warga terlihat begitu antusias menyambut kegiatan tersebut. Termasuk para orangtua yang ikut mendampingi anaknya.

Roosie dalam rilisnya mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah upaya membuat anak-anak merasa gembira agar mereka bisa segera mengatasi traumanya.

“Kami juga turut melibatkan orangtua. Tujuannya untuk membuat orangtua menyadari bahwa mereka pasti terdampak, tetapi mesti tetap menjalankan perannya sebagai orangtua yang turut membuat anaknya normal dari trauma,” lanjutnya.

Adapun menurut Rona, Teknik bercerita diutamakan sebab aktivitas tersebut disukai oleh anak sehingga menjadi cara terbaik dalam menyampaikan nilai kepada anak.

“Mendongeng dan membacakan cerita kepada anak menjadi cara baik dan efektif untuk pendampingan anak pasca bencana. Semoga makin banyak relawan yang melakukan,” tambahnya.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Salah satunya dari Mardiyah Hayati, Kepala Sekolah SDN 1 Mambalan, yang juga turut hadir. Ia menyampaikan apresiasinya kepada tim karena telah membantu anak-anak dan orangtua kembali bersemangat.

“Kami lihat anak-anak banyak yang datang. Bahkan orangtua pun ikut. Padahal awal-awal kami mengadakan kegiatan edukasi, kami malah mencari-cari mereka. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi bapak dan ibu yang sudah berbagi semangat untuk kami di sini,” ujarnya.

Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan pemberian sumbangan bagi warga. (Irna/*)

Komentar

News Feed