oleh

DPD LSM MAPANKAN Kab Gowa Melakukan Pengkaderan, Ini Tujuannya

Gowa l DPD LSM Masyarakat Kinerja Pemantau Anggaran dan Aparatur Negara (MAPANKAN) Kab Gowa melakukan Pengkaderan di Aula Kantor Urusan Agama Jl. Mesjid Raya,

Pengkaderan ini di ikuti sekitar 42 peserta serta dihadiri langsung Pendiri LSM MAPANKAN Indonesia Syafriadi Djaenaf, Ketua DPD LSM MAPANKAN Gowa Fajar Fachri serta Awal wakil sekretaris Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Sulsel sebagai pembawa Materi Sosialisme dan Pergerakan.

Dalam Kesempatannya Syafriadi Djaenaf menuturkan Lembaga Swadaya Masyarakat ini bersifat mandiri dan independen yang berorientasi pada penjaringan informasi dan aspirasi dengan cara atau sistem Pemberdayaan Masyarakat dan menciptakan kader masyarakat yang maju disegala bidang.

“Sebagai lembaga penggali informasi atas pemantauan terhadap penggunaan anggaran dan pengawasan terhadap kinerja aparatur negara untuk membentuk sistem administrasi pelaporan secara tepat, akuntabel dan akurat, sekali lagi lembaga ini merupakan wadah pengumpulan serta penyajian informasi dan aspirasi melalui data-data yang akurat, serta dapat dipertanggung jawabkan atas kebenaran hukum dan memenuhi unsur pidana maupun perdata dan diteruskan kepada kepentingan hukum dan masyarakat berdasarkan atas asas praduga tak bersalah.” Pungkasnya

Ia juga menambahkan LSM Masyarakat Kinerja Pemantau Anggaran dan Aparatur Negara disingkat LSM Mapankan, memiliki Doktrin yang merupakan satu kesatuan perwujudan pemikiran dan kesepahaman yang meliputi semua kerangka dasar pengembangan serta pelaksanaan tugas secara nyata, baik kader dan masyarakat dalam perwujudan kepentingan secara umum berdasarkan Undang undang Dasar 1945, serta peraturan lain yang berlaku .

” Doktrin LSM Mapankan merupakan satu kesatuan ketentuan yang harus dipedomani dan menjadi pegangan dalam melaksanakan segala kegiatan dan tugas sosial budaya, ekonomi, politik, demokratisasi, hukum serta hak asasi manusia, sebagai cita-cita dalam mengisi kemerdekaan dan mewujudkan terciftanya pembangunan informasi serta hukum seluas luasnya,”tegasnya.

ketua DPD Gowa LSM Mapankan Fajar Fachri dalam kesempatan yang sama mengutarakan Materi Pengkaderan ditujukan untuk mengenalkan lembaga ini sebagai organisasi positif dan sebagai sosial kontrol utama kepada para calon anggota

” Pembekalan Pengkaderan ini ditujukan untuk mengenalkan sistem keorganisasian  di tubuh MAPANKAN, khususnya tentang aturan hukum (rule of law) dan aturan main (rule of game) yang berlaku di lembaga ini. Dengan pengenalan AD/ART tersebut maka para calon anggota diharapkan akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan mekanisme keorganisasian yang berlaku. Pokok-pokok yang menjadi prioritas materi dalam pengenalan AD/ART tersebut antara lain : pembukaan Anggaran Dasar yang menerangkan tentang sifat dan watak perjuangan ,asas organisasi yang menerangkan tentang ideologi dan cita-cita, struktur keorganisasian yang bersangkut paut pada pembagian tugas, kerja dan tanggung jawab tiap organ kepengurusan berdasarkan hirarkis keorganisasian, serta hak dan kewajiban para anggota.” Ucapnya

Sementara itu kata Awal, pembawa Materi Sosialisme dan Pergerakan menjelaskan Kaderisasi Tingkat Dasar adalah proses pengkaderan tingkat pertama yang ditujukan bagi Anggota yang telah disahkan sebagai anggota.

” KTD mengutamakan proses pengenalan ideologi kepada para calon kader sehingga dapat memahami marhaenisme secara menyeluruh, tidak tekstual dan parsial. Dengan pemahaman ideologi yang baik, maka para kader diharapkan akan mampu melaksanakan perjuangan secara konsisten mulai dari metode berpikir yang dipakai, pola gerakan yang digunakan serta disiplin gerakan yang dianut, kesemuanya akan selalu bersumber pada satu roh ideologi yaitu marhaenisme.” Ucapnya. (Wanda)

Komentar

News Feed