oleh

Tanah Dikuasai Perusahaan Tambang Massa Geruduk Kantor DPRD Lutim

-Daerah-1.057 views

LUTIM,– Tanah direbut perusaahaan tambang, ratusan masyarakat Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, Lutim, mengatasnamakan Forum Pemuda Pongkeru (FPP) menggelar unjuk rasa di halaman Kantor DPRD Kab. Luwu Timur, Jumat (07/09/18) sore.

Demonstran menuntut agar PT. Citra Lampia Mandiri merealisasikan tuntutan yang telah dilayangkan sejak demonstrasi beberapa hari yang lalu di Salulawwa tempatnya lokasi tambang PT. CLM.

“Aksi hari ini lebih kepada permintaan kepada DPRD untuk mediasi antara masyarakat Desa Pongkeru dengan pihak CLM agar merealisasikan 3 tuntutan yakni ganti rugi lahan, ganti rugi dampak dan transparansi tenaga kerja, ungkap Amir Asri, Ketua Forum Pongkeru sekaligus korlap aksi.

Massa diterima oleh ketua komisi III DPRD Kab. Luwu Timur dan langsung diarahkan ke ruangan aspirasi untuk difasilitasi terkait beberapa tuntutan yang dilayangkan oleh Forum Pemuda Pongkeru.

“Aspirasi kami terima dan ini sudah menjadi tugas DPRD dalam mengawal aspirasi rakyat,” kata HRD sapaan akrap Herdinang disela-sela sambutannya.

Mediasi berlangsung sangat alot hingga 3 jam lebih dan akhirnya mencapai kesepakatan bahwa pihak perusahaan akan merealisasikan ketiga tuntutan masyarakat tersebut.

“Alhamdulillah mediasi selesai dan tuntutan kita sudah terpenuhi hanya saja poin pertama yakni ganti rugi lahan masih akan dibicarakan mekanismenya,” tutup Amir Asri disela-sela penyampaiannya kepada masyarakat.

Perlu diketahui, dalam proses mediasi akan dibentuk tim yang akan bekerja menyelesaikan persoalan konvensasi lahan masyarakat dan pertemuan tim akan dilaksanakan di kantor Bupati Luwu Timur.

Mediasi itu turut dihadiri Wakil Ketua I DPRD, HM Siddiq, serta anggota DPRD lainnya diantaranya Najamuddin, Andi Endy Bi Shin Go, Leonar Bongga, Syahruddin dan di pimpin ketua Komisi III DPRD, Herdinang. Sementara di pihak perusahaan dihadiri langsung Helmut selaku Direktur PT. CLM beserta jajarannya. (R)

Komentar

News Feed