oleh

MAKI Bilang, Budiono Dipusaran Kasus Bank Century

JAKARTA | Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI) setelah berhasil memenangkan praperadilan atas kasus mega korupsi Bank Century pada April lalu telah mewanti-wanti KPK agar meneruskan penyidikan ke mantan Gubernur Bank Indonesia, Budiono.

Mantan Wakil Presiden pendamping SBY ini diduga kuat berada dalam pusaran korupsi dimaksud hingga MAKI meminta KPK melaksanakan putusan praperadilan.

Kasus skandal korupsi Bank Century sendiri terakhir kali proses hukum yang dilakukan KPK ketika menetapkan Budi Mulya dan Siti Chalimah Fadjrijah pada 2012 lalu. Budi saat itu menjadi Deputi Gubernur BI Bidang Pengelolaan Moneter dan Devisa, sedangkan Siti merupakan Deputi Gubernur BI Bidang VI Pengawasan Bank Umum dan Bank Syariah.

Budi sudah divonis hakim dan tengah menjalani masa hukuman di penjara, sementara Siti meninggal dunia dalam perjalanan proses hukumnya.

Penyelamatan Bank Century pada 2008 berujung petaka. Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) bersama Bank Indonesia memutuskan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Atas keputusan itu, Bank Century mendapat dana FPJP sebesar Rp689,39 miliar dari BI dan suntikan modal dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebanyak Rp6,7 triliun.

Saat itu, KSSK diketuai Sri Mulyani Indrawati yang sekaligus Menteri Keuangan, sementara Gubernur BI masih dijabat Boediono. (nl/yudi)

Komentar

News Feed