oleh

Caleg PDIP Di Mata Prof. Burhamzah, MBA

Matarakyatmu | Seperti yang tertuang dalam buku Prof. Burhamzah yang berjudul “Untukmu Saudaraku” pada halaman 21.

Persahabatan antara Atja Razak Thaha dengan Prof. Drs. Burhamzah, MBA bukan kali ini saja, akan tetapi persahabatan mereka sudah terjalin sejak muda.

“Saya kenal Dr. “Atja” Razak Thaha sejak ia masih mahasiswa. Ia dikenal karena di aktivis mahasiswa yang sangat gigih.

Apa yang menarik saya tentang pribadi Dr. Atja adalah kegiatan yang dibawakannya selalu bernuansa kepedulian kepada masyarakat lingkungannya.

Kepedulian pada lingkungan masyarakat ini selalu sifat yang sangat saya hargai karena sifat itulah yang pada hakekatnya mencerminkan kepribadian seseorang dalam mengejawantahkan kepemimpinannya.

Sering dia lupa bahwa lingkungannya pada waktu itu tidak kondusif pada gerakan – gerakan semacam itu.

Oleh karena itu dia pernah ditahan oleh penguasa Orde baru, walaupun demikian dia tetap konsisten dengan cita – citanya dan tidak pernah ingkar sedikitpun walaupun itu merugikan pada dirinya untuk waktu itu.

Itulah yang saya kagumi secara pribadi pada diri Dr.”Atja” Razak Thaha.
Dengan perkembangan waktu yang selalu berubah, beliau pernah berada satu barisan dengan kami merintis perkembangan Orde Reformasi.

Dia adalah salah seorang kelompok kami yang pertama kali mengekspose gerakan Reformasi di Makassar, yang kemudian bersama – sama kawan – kawan yang lain kami mencetuskan gagasan yang terkenal dengan nama “Deklarasi Makassar” yang kami bawakan kepada pemerintah baru yaitu Prof. BJ. Habibie.

Kalau tidak mau dikatakan berlebihan, bahwa Deklarasi Makassar itu adalah cikal bakal tercetusnya gagasan Otonomi daerah, maka paling tidak gagasan itu telah mengembangkan landasan pemikiran tentang Indonesia baru yang akan datang.

Kini Dr. “Atja” Razak Thaha telah bertambah usia dan tentu sudah lebih matang, saya harapkan dengan jabatan Guru Besar yang sebentar lagi dipangkunya dia semakin menonjol sebagai fenomena terhadap masyarakat disekitar kita”.(Takwim)

Komentar

News Feed