oleh

Begini Cara Mengetahui Titik Gempa Berikutnya

-Daerah-1.009 views

Makassar | Pasca Gempa dan Tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Banyak Netizen di Sulawesi bertanya-tanya bagaimana cara agar bisa mengetahui apakah gempa juga akan terjadi di wilayah tempatnya bermukim.

Terlebih dengan beredarnya informasi, jika akan terjadi lagi gempa beberapa titik wilayah lain di Sulawesi.

Tidak sedikit diantaranya google serta aplikasi media sosial menjadi incaran dalam pencarian informasi terakurat.

Namun sangat sedikit yang mengetahui bahwa gempa bumi, tsunami, dan pergeseran tanah, hingga gunung api bisa diketahui secara pasti apakah wilayah, terkhusus rumah kita merupakan titik kunjungan gempa tersebut.

Untuk mengetahuinya, Netizen bisa membuka situs web magma.vsi.esdm.go.id, baik melalui smartphone maupun desktop seperti komputer, laptop dan sejenisnya.

Setelah halaman berhasil terbuka, maka peta Indonesia akan muncul. Pada tampilan peta tersebut sejumlah ikon gunung, longsoran tanah, dan lingkaran merah nampak terlihat.

Spesifik pada ikon gunung memiliki warna yang berbeda. Dan tiap warna menunjukkan status aktivitas gunung pada level tertentu.

Seperti halnya untuk ikon gunung, yang berwarna hijau menandakan tingkat aktivitas level I (normal), kuning menandakan tingkat aktivitas level II (waspada), orange menandakan tingkat aktivitas level III (siaga), dan merah menandakan tingkat aktivitas level IV (awas).

Sedang ikon longsoran tanah berisi laporan pergerakan tanah di suatu wilayah, dan ikon lingkaran berisi informasi mengenai catatan terjadinya gempa bumi.

agar bisa mengetahui secara pasti, apakah rumah kita berada di wilayah berpotensi gempa. Cukup menyentuh ikon bulat berwarna putih yang di dalamnya bertuliskan “i”.

Ikon “i” ini terletak di masing-masing peta lokasi ibukota. Jika ikon tersebut diklik akan tersaji informasi seputar potensi bencana geologi. Informasinya di-update secara berkala.(@li)

Komentar

News Feed