oleh

Didesak Amien Rais Copot Kapolri, Begini Jawaban Presiden Jokowi

JAKARTA | H. M. Amin Rais mendesak Presiden Joko Widodo berkaitan dugaan salah satu petinggi Polri yang mendapat aliran dana Bambang Harimun dalam “Buku Merah” mendapat respon presiden.

Presiden  Jokowi menegaskan tidak akan ikut campur dalam permasalahan dugaan pengrusakan barang bukti yang disebut melibatkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
“Itu wilayahnya KPK, hukum. Saya tidak mau intervensi ya,” kata Jokowi di Pondok Gede, Rabu (10/10).

Kasus ini awalnya diungkap Indonesialeaks. Jaringan media investigasi itu mengulas sebuah buku bersampul merah yang diduga berisi catatan aliran dana pengusaha Basuki Hariman kepada sejumlah pejabat negara.

Jokowi tak mau berkomentar lebih lanjut mengenai hal itu. Ia kembali menyatakan tak akan pernah mengintervensi proses hukum.

Presiden mengaku telah menjali pertemuan tertutup dengan Tito kemarin di Istana Bogor. Namun ia tak menjelaskan pertemuan guna mengonfirmasi dugaan aliran dana ke lulusan terbaik akpol 1987 ini.

“Biasa bertemu. Enggak sekali, dua kali,” tuturnya sambil tersenyum.

Jokowi juga tak mau mengomentari desakan sejumlah pihak agar Tito dicopot dari jabatannya. Salah seorang yang menyuarakan desakan ini ialah Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. “Desakan ya biasa,” kata Jokowi. (

Komentar

News Feed